Aplikasi Fatwa Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI) Nomor 73/DSN-MUI/Xi/2008 Tentang Mushārakah Mutanāqiṣah Dalam Pembiayaan Kepemilikan Rumah (KPR) (Studi Kasus Di Bank Muamalat Indonesia (BMI) Cabang Banyuwangi)

Fahruddin, Abd. Rohman (2016) Aplikasi Fatwa Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI) Nomor 73/DSN-MUI/Xi/2008 Tentang Mushārakah Mutanāqiṣah Dalam Pembiayaan Kepemilikan Rumah (KPR) (Studi Kasus Di Bank Muamalat Indonesia (BMI) Cabang Banyuwangi). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Abd. Rohman Fahruddin_0839134002.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kata kunci: Mushārakah Mutanāqiṣah, Pembiayaan Kepemilikan Rumah (KPR) Kebutuhan rumah yang semakin hari semakin tinggi dan juga akses perbankan yang semakin mudah. Banyak dimanfaatkan oleh masyarakat untuk memanfaatkan produk-produk perbankan yang derifatif. Tidak terkecuali bank Muamalat Indonesia yang juga membuat produk kredit kepemilikan rumah sebagai solusi pembiayaan bagi masyarakat yang ingin memiliki rumah namun terkendala modal. Produk yang dinamai KPR Muamalat iB ini telah mengacu pada aturan fatwa DSN MUI sebagai sebagai lembaga yang otoritatif terhadap produk perbankan syariah di Indonesia. Dari hal tersebut di atas, fokus penelitian ini : 1) Bagaimana aplikasi akad Mushārakah Mutanāqiṣah dalam pembiayaan Kepemilikan Rumah di Bank Muamalat Indonesia Cabang Banyuwangi, 2) Bagaimana perspektif Fatwa DSN Nomor 73/DSN-MUI/XI/2008 Tentang Mushārakah Mutanāqiṣah). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan deskriptif analisis melalui rancangan studi kasus. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan dara 1. Wawancara, 2. Observasi, 3. Dokumentasi. Kesimpulan dari peneltian ini adalah 1) bentuk akadnya menggunakan akad Mushārakah Mutanāqiṣah, dalam mekanisme pembiayaan KPR sudah terdapat SOP dan tahapan-tahapan yang harus dilalui baik bagi BMI maupun nasabah, namun terdapat ketidakterbukaan dalam penetapan besaran angsuran. 2) Penerapan KPR Muamalat sebagian besar sudah sesuai dengan fatwa DSN MUI nomor 73/DSN-MUI/XI/2008. Hal ini dibuktikan dengan kesesuaian mekanisme KPR Muamalat dengan seluruh ketentuan yang berlaku yaitu ketentuan akad, pembiayaan Mushārakah, proses jual beli dan proses ijarah. Namun terdapat ketidak sesuaian pada aspek kepemilikan rumah (sertifikat), aspek penghitungan nilai angsuran, dan aspek kewajiban pemeliharaan rumah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 17 Feb 2023 07:40
Last Modified: 17 Feb 2023 07:40
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18871

Actions (login required)

View Item View Item