Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru pada Integrasi Sains dan NilaiNilai Islamdi Sekolah Dasar Islam Terpadu Harapan Umat Jember

Aziz, Abdul (2016) Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru pada Integrasi Sains dan NilaiNilai Islamdi Sekolah Dasar Islam Terpadu Harapan Umat Jember. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Abdul Azis_0849114001.pdf

Download (7MB)

Abstract

Kata Kunci: Kepala Sekolah Sebagai Supervisor, Profesionalisme Guru, Sains dan Nilai-nilai Islam, Kepala sekolah merupakan orang nomor satu di lembaga pendidikan dan sebagai pemenang yang ada di sekolahjuga sebagai supervisor dalam proses pembelajaran. Hal ini kepala sekolah mempunyai tugas khusus, yaitu harus memberikan bimbingan, supervisi dan arahansertamengivaluasi agar guru mengajar dengan profesional, khususnya dalam mengajar integrasi sains dan nilainilai Islam. Oleh karena itu, kepala sekolah harus mempunyai keahlian khusus agar guru dapat menjalankan tugasnya sesuai dengan harapan sekolah. Penelitian ini mempunyaitujuan untuk: 1. Mendeskripsikan peran kepala sekolah dalam membina profesionalisme guru pada perencanaan pembelajaran integrasi sains dan nilai-nilai Islam; 2. Mendeskripsikan kepala sekolah dalam melaksanakan supervisi pembelajaran integrasi sains dan nilai-nilai Islam, dan; 3. Mendeskripsikan evaluasidantindak lanjut hasilsupervisi akademikkepala sekolah dalam pembelajaran integrasi sains dan nilai-nilai Islam. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah pendekatan penelitian Kualitatif Deskriptif. Jenis penelitian ini menggunakan studi kasus. Penentuan informen menggunakan Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumenter. Teknik analisis data menggunakan Miles danHuberman dan keabsahan data menggunakan teknikTriangulasimetodedanTriangulasisumber. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa peran kepala sekolah dalam membina guru untuk merencanakan pembelajaran sains dan nilai-nilai Islam dengan tiga cara, yaitu 1. Memberikan pelatihan, silabus dan RPP serta pelatihan keprofesionalan. 2.Pembinaan penyusunan RPP jika masih belum paham mengenai pelatihan. 3.pembinaan keagamaan yang berkaitan dengan materi pelajaran integrasi dan nilai-nilai Islam. Dalam melaksanakan supervisi, kepala sekolah tidak melakukan sendiri, melainkan mendelegasikan guru yang kompeten. Supervisi yang dilakukan diantaranya: mensupervisi administrasi, yaitu yang berkaitan dengan berkas-berkas seperti silabus dan RPP guna mempersiapkan pembelajaran, obsevasi kelas, rapat, quality daily report, dan kunjungan kelas. Evaluasi supervisi dengan cara memberikan penilaian pada waktu pelaksanaan supervisi observasi kelas dan dipanggil pasca supervisi ialah untuk memberitahu hasil supervisi. Titik tekan yang menjadi evaluasi dalam supervisi ialah agar guru mengaktifkan siswa dan tampak integrasi sains dan nilai Islam, seperti bersyukur, beriman dan nilai islami lainnya yang terdapat dalam ayat Al-quran. Tindak lanjut digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id vi dari supervisi ialah dengan memberikan pelatihan terkait dengan integrasi sains dan nilai-nilai Islam. Tujuannya agar guru lebih profesional.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Program Magister > Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 17 Feb 2023 07:40
Last Modified: 17 Feb 2023 07:40
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18872

Actions (login required)

View Item View Item