Peran Kepemimpinan Kepala Madrasah Terhadap Kedisiplinan Guru Dalam Proses Pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Nuruz Zaman Mayang Tahun Pelajaran 2014/2015

Ubaidi, Ahmad Fian (2015) Peran Kepemimpinan Kepala Madrasah Terhadap Kedisiplinan Guru Dalam Proses Pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Nuruz Zaman Mayang Tahun Pelajaran 2014/2015. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ahmad Fian Ubaidi_084 103 046.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kepala sekolah merupakan perpaduan dari dua kata yaitu “kepala” dan “sekolah”. Kata “kepala” dapat diartikan sebagai ketua atau pimpinan dalam suatu organisasi atau lembaga. Sedangkan “sekolah” adalah sebuah lembaga dimana menjadi tempat menerima dan memberi pelajaran. Dengan demikian secara sederhana kepala sekolah dapat didefinisikan sebagai tenaga fungsional, guru yang diberi tugas untuk memimpin suatu sekolah.Peran kepala sekolah akan berimplikasi pada peningkatan kedisiplinan atau kualitas pendidikanbaik dari sisi akademik maupun non akademik. Tuntutan kedua bidang ini, membawa pada peran penting kepala sekolah untuk meningkatkan kedisiplinan guru. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah tentang Peran kepemimpinan kepala madrasah terhadap kedisiplinan guru dalam proses pembelajaran di Madrasah tsanawiyah Nuruz Zaman mayang tahun pelajaran 2014/2015. Adapun fokus penelitian yang teliti angkat adalah Bagaimana Peran kepemimpinan kepala madrasah terhadap kedisiplinan guru dalam proses pembelajaran di Madrasah tsanawiyah Nuruz Zaman Mayang Tahun Pelajaran 2014/2015? Bagaimana cara kepemimpinan kepala madrasah terhadap kedisiplinan guru dalam proses pembelajaran Madrasah tsanawiyah Nuruz Zaman Tahun Pelajaran 2014/2015? Apa kendala kepemimpinan kepala madrasah terhadap kedisiplinan guru dalam proses pembelajaran di Madrasah tsanawiyah Nuruz Zaman Mayang Tahun Pelajaran 2014/2015? Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif, sedangkan subyek penelitianya menggunakan porposive sampling, sumber data yang diperoleh dari penelitian ini adalah terdiri dari Kepala Madrasah, Guru, komite dan Siswa, sedangkan data penunjang diperoleh dari dokumen dan keterangan dari bagian Tata Usaha dan uji keabsahan data menggunakan uji validitas data tringulasi sumber. Dari hasil penelitian dan pengolahan data yang telah dianalisis dan dapat diambil kesimpulan bahwa peran kepemimpinan kepala madrasah terhadap kedisiplinan guru dalam proses pembelajaran di Madrasah tsanawiyah Nuruz Zaman tahun pelajaran 2014/2015.Pertama peran kepemimpinan kepala madrasah yang mana kepala madrasah mensupervisor guru dan memberikan tindakan yang sesuai untuk meningkatkan kedisiplinan guru dalam proses pembelajaran , Kedua cara kepemimpinan kepala madrasah terhadap kedisiplinan guru dengan cara memberikan pengarahan , motivasi sehingga kedisiplinan guru dalam proses pembelajaran akan maksimal, Ketiga kendala kepala sekolah yaitu mempunyai sedikit pengatahuan dan pengalaman tentang kepemimpinan dari hal itulah akan menjadi sebuah kendala dalam mendisiplinkan guru dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 17 Feb 2023 07:40
Last Modified: 17 Feb 2023 07:40
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18875

Actions (login required)

View Item View Item