Pemikiran Hasan Langgulung tentang Pendidikan Islam.

HIdayat, Ahmad Furqon (2015) Pemikiran Hasan Langgulung tentang Pendidikan Islam. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ahmad Furqon Hidayat_084 103 012.pdf

Download (938kB)

Abstract

Segala sesuatu yangada di dunia ini tidaklah tercipta dengan sia-sia. Begitu juga manusia, Hasan Langgulung mengatakan bahawa manusia menempati kedudukan yang istimewa. Manusia adalah khalifah di atas muka bumi ini sebagai makhlukNya yang mengemban amanah khalifah dimuka bumi ini. Manusia tidak dapat memegang tanggung jawab itu apabila tidak dilengkapi dengan potensipotensi yang membolehkan berbuat demikian. Pendidikan Islam sebagai alat untuk mengembangkan potensi-potensi yang ada pada manusia haruslah merujuk kepada falsafah Islam mengenai manusia. Untuk mencapai tujuan pendidikan Islam maka materi pendidikan Islam yang tertuang dalam kurikulum pendidikan Islam haruslah sesuai dengan tugas dan tujuan penciptaan manusia Fokus Kajian yang diteliti dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimanakah definisi pendidikan Islam menurut Hasan Langgulung? (2) Bagaimanakah tujuan pendidikan Islam menurut Hasan Langgulung? (3) Bagaimanakah asas-asas pendidikan Islam menurut Hasan Langgulung? (4) Bagaimanakah kurikulum pendidikan Islam menurut Hasan Langgulung? Tujuan yang dimaksud dalam penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan definisi pendidikan Islam menurut Hasan Langgulung. (2) Mendeskripsikan tujuan-tujuan pendidikan Islam menurut Hasan Langgulung. (3) Mendeskripsikan asas-asas pendidikan Islam menurut Hasan Langgulung. (4). Mendeskripsikan kurikulum pendidikan Islam menurut Hasan Langgulung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif analisis kritis dan jenis penelitian dengan menggunakan library research yakni bersifat statement atau pernyataan serta pedapat-pendapat yang dikemukakan oleh para cendikiawan sebelumnya. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan metode dokumentasi, teknik analisis datanya menggunakan content analysis dan validitas datanya menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini adalah: (a). Pendidikan Islam dilihat dari tiga segi. Pertamasegi individu, ke dua segi masyarakat, ke tiga segi interaksi antara manusia dan masyarakat. Dari ke tiga segi tersebut Hasan Langgulung memandang pendidikan Islam secara utuh sebagai suatu proses spiritual, akhlak, intelektual, dan sosial yang berusaha membimbing manusia, (b). Tujuan pendidikan Islam di bagi menjadi tiga bagian, yang pertama tujuan akhir, ke dua tujuan umum, ke tiga tujuan akhir. Dari ke tiga tujuan tersebut Hasan Langgulung memandang tujuan pendidikan Islam yaitu keseimbangan pertumbuhan kepribadian manusia secara menyeluruh dan seimbang yang dilakukan melalui akal pikiran (intelektual).(c). Asas-asas pendidikan Islam dibagi menjadi lima. Pertama asas-asas sejarah yang memberi bekal kepada pendidik tentang pengalaman masa lalu terkait dengan pendidikan, ke dua asas-asas sosial yang memberikan kerangka budaya dari mana pendidikan bergerak dan mengembangkan pendidikan,ke tiga asas-asas ekonomi yang memberi potensi digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id viii manusia untuk mengatur keuangan dan bertanggung jawab terhadap anggaran pendidikan, ke empat asas-asas politik dan administratif yang kemungkinan untuk memilih sistem, mengontrol, dan ke lima asas-asas psikologis yang membantu pendidik untuk lebih memahami peserta didiknya, (d). Kurikulum pendidikan Islam mempunyai empat unsuryaitu: Pertama, tujuan-tujuan pendidikan. Ke dua, pengetahuan dalam pendidika, Ke tiga, metode, Ke empat, penilaian. Dari ke empat unsur tersebut Hasan Langgulung menganggap bahwa kurikulum itu adalah sejumlah pengalaman yang dialami oleh peserta didik dalam berbagai bidang yang disediakan oleh sekolah agar murid terbantu dan merubah tingkah laku mereka sesuai dengan harapan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 17 Feb 2023 07:40
Last Modified: 17 Feb 2023 07:40
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18876

Actions (login required)

View Item View Item