Peran komite madrasah dalam pengembangan budaya madrasah di Madrasah Tsanawiyah Akbar Kranjingan Sumbersari Jember tahun pelajaran 2016/2017

Kirom, Bahrul (2016) Peran komite madrasah dalam pengembangan budaya madrasah di Madrasah Tsanawiyah Akbar Kranjingan Sumbersari Jember tahun pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Bahrul Kirom_084 123 034.pdf

Download (3MB)

Abstract

Komite Madrasah Tsanawiyah Akbar Kranjingan Sumbersari Jember lebih berperan dalam mengembangkan budaya madrasah, meskipun komite sekolah tampaknya jarang terlihat di dalam sekolah tetapi komite sekolah ikut andil dalam kemajuan lembaga pendidikannya MTs Akbar Kranjingan. Uraian di atas maka fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana peran komite madrasah sebagai advissory agency dalam pengembangan budaya madrasah di Madrasah Tsanawiyah Akbar Kranjingan Sumbersari Jember tahun pelajaran 2016/2017?, (2) Bagaimana peran komite madrasah sebagai supporting agency dalam pengembangan budaya madrasah di Madrasah Tsanawiyah Akbar Kranjingan Sumbersari Jember tahun pelajaran 2016/2017?, (3) Bagaimana peran komite madrasah sebagai controlling agency dalam pengembangan budaya madrasah di Madrasah Tsanawiyah Akbar Kranjingan Sumbersari Jember tahun pelajaran 2016/2017?, (4) Bagaimana peran komite madrasah sebagai mediating agency dalam pengembangan budaya madrasah di Madrasah Tsanawiyah Akbar Kranjingan Sumbersari Jember tahun pelajaran 2016/2017? Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan peran komite madrasah sebagai advissory agency dalam pengembangan budaya madrasah di Madrasah Tsanawiyah Akbar Kranjingan Sumbersari Jember 2016/2017, (2) Untuk mendeskripsikan peran komite madrasah sebagai supporting agency dalam pengembangan budaya madrasah di Madrasah Tsanawiyah Akbar Kranjingan Sumbersari Jember 2016/2017, (3)Untuk mendeskripskan peran komite madrasah sebagai controlling agency dalam pengembangan budaya madrasah di Madrasah Tsanawiyah Akbar Kranjingan Sumbersari Jember 2016/2017, (4) Untuk mendeskripsikan peran komite madrasah sebagai mediating agency dalam pengembangan budaya madrasah di Madrasah Tsanawiyah Akbar Kranjingan Sumbersari jember 2016/2017. Adapun metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian field research dan dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling yang dalam teknisnya memilih orang-orang yang mengerti dengan objek yang akan diteliti. Teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara, observasi dan dokumenter. Untuk keabsahan datanya menggunakan metode validitas triangulasi sumber. Langkah-langkah yang digunakan adalah mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Peran komite sebagai advissory agency dalam pengembangan budaya madrasah sangatlah berperan aktif dan ikut andil dalam memberikan pertimbangan apapun, (2) Peran komite sebagai supporting agency dalam pengembangan budaya madrasah bentuk dukungannya yaitu komite terjun langsung dalam menyampaikan inormasi apapun ke masyarakat, (3) Peran komite sebagai controlling agency dalam pengembangan budaya madrasah selalu mengontrol atas kegiatan apa saja yang dilakukan di madrasah, (4) Peran komite sebagai mediating dalam pengembangan budaya madrasah sebagai penengah antara madrasah dan masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 17 Feb 2023 07:40
Last Modified: 17 Feb 2023 07:40
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18879

Actions (login required)

View Item View Item