Manajemen Pendidikan Karakter dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di MTs Negeri Umbulsari

Mubarokah, Fatihatul (2016) Manajemen Pendidikan Karakter dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di MTs Negeri Umbulsari. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Fatihatul Mubarokah_0849110250.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunci: Manajemen Pendidikan Karakter dan Kedisiplinan Di era sekarang pendidikan karakter merupakan hal yang penting untuk dilakukan mengingat banyaknyaperistiwa yang menunjukkan terjadinya krisis moral baik di kalangan anak-anak, remaja, maupun orang tua. Oleh karena itu penguatan pendidikan karakter perlu dilaksanakan sedini mungkin dimulai dari lingkungan keluarga, sekolah, dan meluas ke dalam lingkungan masyarakat. Salah satu nilai karakter yang perlu dikembangkan adalah disiplin. Nilai karakter disiplin sangat penting dimiliki oleh manusia agar kemudian muncul nilai-nilai karakter yang baik lainnya. Pentingnya penguatan nilai karakter disiplin didasarkan pada alasan bahwa sekarang banyak terjadi perilaku menyimpang yang bertentangan dengan norma kedisiplinan. Oleh karena itu, penerapan kedisiplinan baik dalam tataran pendidikan maupun aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari harus dioptimalkan agar peserta didik mampu bersaing di lapangan secara sehat dan sportif. Dalam pengembangan kedisiplinan siswa satuan pendidikan memerlukan strategi yang baik dan terencana. Fokus penelitian ini adalah Bagaimana kegiatan perencanaanpendidikan karakter dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di MTs Negeri Umbulsari?. adalah Bagaimana kegiatan pelaksanaan pendidikan karakter dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di MTs Negeri Umbulsari?. adalah Bagaimana kegiatan evaluasi pendidikan karakter dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di MTs Negeri Umbulsari?. Sedangkan tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi pendidikan karakter dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di MTs Negeri Umbulsari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif dan rancagan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi partisipasi pasif, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis menggunakan model Interaktif Miles dan Huberman yaitu meliputi: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian pendidikan karakter dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di MTs Negeri Umbulsari yaitu:Pertama,perencanaan pendidikan karakter dalam meningkatkan kedisiplinan siswa melibatkan semua warga sekolah dengan penanggungjawab masing-masing program, program-program peningkatan kedisiplinan siswa yaitu penetapan point pelanggaran dan point prestasi siswa, program kerja sama dengan pihak koramil kecamatan dalam meningkatkan kedisiplinan siswa. perencanaan dilaksanakan di awal tahun ajaran baru. Masing- masing guru membuat perencanaan pelaksanaan pembelajaran dengan mengintegrasikan nilai-nilai karakter serta pembiasaan-pembiasaan yang dapat menanamkan kedisiplinan pada siswa. Acuan perencanaan pendidikan karakter digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id v dalam meningkatkan kedisiplinan adalah Visi dan misi sekolah, Peraturan perundang-undangan, dan tata tertib lama. Kedua, Pelaksanaan program pendidikan karakter dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di MTs Negeri Umbulsari Selain diintegrasikan dalam mata pelajaran, juga dilakukan melalui 4 strategi yaitu: (1) pembiasaan, (2) pemberian reward dan punishment disertai dengan bobot point pelanggaran dan prestasi siswa, akumulasi jumlah bobot point pelanggaran dan prestasi siswa digunakan sebagai salah satu pertimbangan dalam mengevaluasi, (3) keteladanan guru, dan (4) ekstrakurikuler dari beberapa ekstrakrurikuler yang ada setiap siswa kelas VII diwajibkan untuk mengikuti pramuka dan tartil Al-Qur’an sehingga ada ketentuan lulus dan tidak lulus pada kedua kegiatan ini, bagi yang tidak lulus wajib mengikutinya kembali.Ketiga, Evaluasi Pelaksanaan pendidikan karakter dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di MTs Negeri Umbulsari yakni Sekolah melaksanakan evaluasi dengan mengamati perubahan tingkah laku siswa dalam melaksanakan peraturan sekolah dan melihat akumulasi buku bobot point pelanggaran dan prestasi. Pelaporan hasil evaluasi kepada wali murid dilakukan oleh wali kelas bersamaan pembagian laporan hasil belajar di ahir semester dengan mencantumkan nilai kuantitatif pada penilaian sikap didalam laporan hasil belajar siswa, sebagai bahan acuan untuk melaksanakan tindak lanjut.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Program Magister > Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 17 Feb 2023 07:41
Last Modified: 17 Feb 2023 07:41
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18882

Actions (login required)

View Item View Item