Keterampilan Manajerial Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Guru (di MA “Unggulan Nuris” Jember)

Khalidiyah, Hasanatul (2015) Keterampilan Manajerial Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Guru (di MA “Unggulan Nuris” Jember). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Hasanatul Khalidiyah_0849120076.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kata kunci: Keterampilan manajemen kepala madrasah, motivasi kerja guru. Kepala madrasah adalah pejabat profesional yang bertanggungjawab untuk mengatur semua sumber yang ada di lembaga pendidikan yang dipimpinnya termasuk memotivasi kerja guru. Keterampilan manajerial seorang kepala madrasah dapat memengaruhi dan memberikan dorongan motivasi kepada guru untuk melaksanakan tugasnya dengan penuh kesungguhan, kedisiplinan, daya juang, dan keteguhan untuk mencapai tujuan pendidikan secara optimal. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keterampilan majerial kepala madrasah dalam memotivasi kerja guru di MA “Unggulan Nuris” yang memfokuskan pada keterampilan teknik, keterampilan hubungan manusia dan keterampilan konseptual kepala madrasah dalam meningkatkan motivasi kerja guru di MA “Unggulan Nuris” Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumenter. Dalam analisa data peneliti menggunakan analisis model Milles dan Huberman. Sedangakan untuk menguji validitas data dalam penelitian ini digunakan teknik trianggulasi metode dan sumber. Temuan peneliti menunjukkan bahwa: (1) Dalam meningkatkan motivasi kerja guru yang berkaitan dengan keterampilan teknik kepala MA “Unggulan Nuris” memberikan bimbingan kepada guru berkaitan dengan perencanaan dan pelaksanaan program pembelajaran, memberikan contoh-contoh alternatif metode dan model pembelajaran yang efektif, mengelola pembinaan dan pengembangan profesional guru dan melaksanakan berbagai pembaharuan di madrasah. (2) Dalam meningkatkan motivasi kerja guru yang berkaitan dengan keterampilan hubungan manusia kepala MA “Unggulan Nuris” melakukan komunikasi dan mensosialisasikan program madrasah kepada guru, membina hubungan baik dengan guru, mendorong partisipasi guru, mengelola pembinaan dan pengembangan profesional guru, menyediakan waktu untuk mendengarkan keluhan- keluhan guru terkait masalah pembelajaran, memiliki sifat terbuka dan membuka kesempatan berkomunikasi dua arah dengan guru. (3) Dalam meningkatkan motivasi kerja guru yang berkaitan dengan keterampilan konseptual kepala MA membuat job description sesuai dengan tugas, tanggung jawab dan wewenang guru, merumuskan rencana evaluasi untuk mengukur pencapaian kinerja guru, merumuskan faktor internal dan eksternal yang mendorong motivasi kerja guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Program Magister > Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 17 Feb 2023 07:59
Last Modified: 17 Feb 2023 07:59
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18886

Actions (login required)

View Item View Item