Perilaku Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Sekolah Menengah Pertama (SMP) 01 Islam Jember Tahun Pelajaran 2014/2015.

Nafisah, Huliyatun (2015) Perilaku Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Sekolah Menengah Pertama (SMP) 01 Islam Jember Tahun Pelajaran 2014/2015. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Huliyatun Nafisah_084 103 060.pdf

Download (2MB)

Abstract

Untuk mewujudkan tujuan pendidikan, guru sebagai pelaksana program kegiatan pembelajaran di sekolah mempunyai peran utama yang sangat penting dalam menentukan ketercapaian tujuan kegiatan tersebut. Kinerja guru merupakan landasan yang sangat vital dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran dan bermuara pada peningkatan prestasi peserta didik. Kinerja guru di lembaga sekolah meliputi peransertanya dalam berbagai kegiatan di sekolah, khususnya tugas mengajar dan tugas mendidik dalam menumbuhkan dan mengembangkan jiwa peserta didik. Pada kenyataannya, dalam kehidupan sehari-hari seorang guru mempunyai kesibukan di luar profesinya sebagai guru, sehingga tingkat partisipasi dalam berbagai kegiatan sekolah kurang, bahkan dalam kegiatan pembelajaran. Di satu sisi harus berkembang sebagai insan berkeluarga di masyarakat, tetapi di sisi lain guru sebagai pengajar dan pendidik dituntut mempunyai kinerja yang baik dan profesional serta berperan aktif dalam keberlangsungan lembaga sekolah. Namun, ada pula guru yang sibuk diluar profesinya sebagai guru, tapi tetap peduli terhadap berbagai aspek kegiatan sekolah. Adapun faktor yang mempunyai konstribusi dalam meningkatkan kinerja guru diantaranya adalah perilaku kepemimpinan kepala sekolah sebagai motivator bagi guru dalam memberikan rangsangan untuk berperan aktif dalam kegiatan sekolah. Kepemimpinan pada hakikatnya merupakan kemampuan yang dimiliki seseorang untuk membina, membimbing, dan mengarahkan orang lain agar dapat bekerjasama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Pada kenyataannya, dalam kehidupan sehari-hari tidak semua pemimpin sekolah dapat dikatakan berhasil atau baik kinerjanya. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana perilaku kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMP 01 Islam Jember Tahun Pelajaran 2014/2015? (2) Bagaimana hambatan perilaku kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMP 01 Islam Jember Tahun Pelajaran 2014/2015? (3) Bagaimana faktor pendukung perilaku kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMP 01 Islam Jember Tahun Pelajaran 2014/2015? Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan perilaku kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMP 01 Islam Jember Tahun Pelajaran 2014/2015, (2) Mendeskripsikan hambatan perilaku kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMP 01 Islam Jember Tahun Pelajaran 2014/2015, (3) Mendeskripsikan faktor pendukung perilaku kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMP 01 Islam Jember Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan menggunakan penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id ix Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah: (1) Perilaku kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMP 01 Islam Jember Tahun Pelajaran 2014/2015 adalah dengan menggunakan pendekatan yang berbasis tugas dan berbasis human relation, yang dapat terlihat dari upaya kepala sekolah yang senantiasa memberikan pembinaan moral, mengikutsertakan guru dalam pelatihan dan penataran, menghidupkan suasana yang demokratis, menciptakan suasana dan iklim kerja yang kondusif; (2) Faktor penghambat perilaku kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMP 01 Islam Jember Tahun Pelajaran 2014/2015 adalah kelengkapan perangkat pembelajaran masih kurang yang dapat menghambat kepala sekolah dalam melakukan evaluasi, rasa segan guru terhadap kepala sekolah, dan terjadinya perbedaan pendapat dalam proses pengambilan keputusan; (3) Faktor pendukung perilaku kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMP 01 Islam Jember Tahun Pelajaran 2014/2015 adalah program yang dicanangkan oleh pemerintah berupa program Pada Mudi dan Padamu Negeri yang dijadikan sebagai alat untuk mengevaluasi dan motivasi serta feedback bagi guru, serta tingkat komitmen guru yang tinggi untuk melakukan perubahan yang lebih baik dimasa depan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 17 Feb 2023 07:59
Last Modified: 17 Feb 2023 07:59
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18888

Actions (login required)

View Item View Item