Implementasi Manajemen Kurikulum TK Dalam Menstimulasi Mental Emosional dan Sosial Anak Menuju Jenjang Pendidikan Berikutnya di TK Al Amin Jember Tahun Ajaran 2015-2016

Huda, Ikhwan Nur (2016) Implementasi Manajemen Kurikulum TK Dalam Menstimulasi Mental Emosional dan Sosial Anak Menuju Jenjang Pendidikan Berikutnya di TK Al Amin Jember Tahun Ajaran 2015-2016. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ikhwan Nur Huda_0849113053.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Fokus penelitian tesis ini membahas sejauh mana perencanaan kurikulum di TK Al Amin Jember, bagaimana pelaksanaan kurikulum di TK Al Amin Jember, dan bagaimana evaluasi kurikulum di TK Al Amin Jember dalam menstimulasi mental emosional dan sosial anak menuju jenjang pendidikan berikutnya. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode diantaranya: metode observas, metode interview, metode dokumentasi, pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi data. Data yang diperoleh akan dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dengan cara menafsirkan, mendeskripsikan data, mengklasifikasikan bentuk data kemudian dilanjutkan dengan interpretasi dan mengangkat makna dari hasil penelitian yang terkait dengan fokus penelitian. Hasil penelitian menunjukkan perencanaan kurikulum yang dilakukan lembaga TK Al Amin dalam menstimulasi mental emosional dan sosial anak menuju jenjang pendidikan berikutnya dengan menggunakan tiga desain yang meliputi pertama, kegiatan pembelajaran yang melibatkan guru, kedua kegiatan budaya sekolah, ketiga kegiatan ekstrakurikuler. Bentuk struktur kurikulum yang dikembangkan lembaga TK Al Amin meliputi pembelajaran agama Islam, pembelajaran sosial dan kepribadian, pembelajaran pengetahuan dan teknologi, estetika, dan pembelajaran jasmani, olah raga dan kesehatan. Pelaksanaan program pembelajaran di TK Al Amin dalam merangsang anak didi ke jenjang pendidikan berikutnya menggunakan dua model pembelajaran yang meliputi pengembangan kemampuan pembiasaan dan kemampuan pengembangan dasar. Model evaluasi yang dilakukan di TK Al Amin menggunakan tiga model, pertama pengawasan oleh kepala sekolah, kedua pengawasan oleh guru, dan ketiga oleh wali murid. Kata kunci : implementasi, Manajemen Kurikulum, Mental Emosional dan Sosial

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Program Magister > Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 20 Feb 2023 02:28
Last Modified: 20 Feb 2023 02:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18890

Actions (login required)

View Item View Item