Implementasi Manajemen Kewirausahaan di Sekolah Menengah Kejuruan Nahdlatul Ulama’ Kabupaten Bondowoso

Nawiroh, Luthfiyatun (2016) Implementasi Manajemen Kewirausahaan di Sekolah Menengah Kejuruan Nahdlatul Ulama’ Kabupaten Bondowoso. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Luthfiyatun Nawiroh_0849113056.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kata kunci: Manajemen Kewirausahaan Manajemen kewirausahaan merupakan bagian dari salah satu subsistem manajemen penunjang pendidikan yang menginternalisasikan jiwa mental kewirausahaan melalui institusi pendidikan. Program-program dalam manajemen kewirausahaan turut memiliki peran besar dalam memberikan bekal kepada seluruh warga sekolah untuk mengembangkan skill kewirausahaan yang mereka miliki. Penerapan manajemen kewirausahaan dalam sebuah lembaga pendidikan juga sangat membantu dalam peningkatan mutu pendidikan lembaga tersebut. Fokus masalah dalam penelitian ini meliputi: 1) Bagaimana perencanaan kewirausahaan di SMK Nahdlatul Ulama Kabupaten Bondowoso Tahun 2015/2016?, 2) Bagaimana pengorganisasian kewirausahaan di SMK Nahdlatul Ulama Kabupaten Bondowoso Tahun 2015/2016?, 3) Bagaimana pelaksanaan kewirausahaan di SMK Nahdlatul Ulama Kabupaten Bondowoso Tahun 2015/2016?, 4) Bagaimana pengendalian kewirausahaan di SMK Nahdlatul Ulama Kabupaten Bondowoso Tahun 2015/2016?. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Sedangkan pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah Pendekatan Deskriptif Kualitatif dan teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara (interview), pengamatan (observasi) dan dokumentasi. Kemudian untuk teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Deskriptif-Eksploratif Analisis. Hasil penelitian tentang Manajemen Kewirausahaan di SMK Nahdlatul Ulama yaitu: Pertama, perencanaan kegiatan kewirausahaan di SMK Nahdlatul Ulama dilaksanakan melalui lima tahap, yakni: tahap analisis kebutuhan, pembuatan rencana program kewirausahaan, tahap mengidentifikasi sumber daya yang ada, menyusun rencana kerjasama dengan pihak eksternal, dan menyusun indikator keberhasilan kewirausahaan. Kedua, pengorganisasian pengorganisasian kewirausahaan di SMK Nahdlatul Ulama yaitu : Struktur organisasi manajemen kewirausahaan di SMK Nahdlatul Ulama menggambarkan struktur organisasi fungsional dan pembagian tugas serta tanggung jawab kegiatan kewirausahaan dalam unit produksi dilakukan oleh manajer unit produksi sesuai dengan kemampuan masing-masing personil. Ketiga, pelaksanaan kewirausahaan di SMk Nahdlatul Ulama, yaitu: hal-hal yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam menggerakkan bawahannya dalam pelaksanaan manajemen kewiraushaan yaitu: menjalin komunikasi dan kerjasama yang bail antar tim, pemberian motivasi kepada bawahan, dan strategi untuk menjalin kerjasama dengan pihak eksternal. Keempat, pengendalian kewirausahaan di SMK Nahdlatul Ulama, yaitu: menentukan standar pengawasan, dan mengidentifikasi kesenjangan antara standar yang telah dibuat dengan realita dilapangan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Program Magister > Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 20 Feb 2023 02:29
Last Modified: 20 Feb 2023 02:29
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18894

Actions (login required)

View Item View Item