Sugeng, Moh. (2016) Implementasi Manajemen Sarana dan Prasarana di Madrasah Ibtidaiyah Nuruz Zaman Sumbersalak Ledokombo Jember tahun 2015/2016,. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Moh. Sugeng_0849113059.pdf Download (7MB) |
Abstract
Proses pembelajaran akan semakin efektif dan berkualitas bila ditunjang dengan sarana dan prasarana yang memadai. Pembelajaran merupakan serangkaian kegiatan yang dilaksanakan oleh guru dan siswa dengan memanfaatkan sarana yang tersedia untuk memperoleh hasil belajar yang optimal dan kondusif. Proses pembelajaran dapat terwujud dengan baik dan berkualitas apabila ada interaksi antara guru dan siswa, sesama siswa atau dengan sumber belajar yang lainnya. Penelitian ini mengangkat fokus mengenai (1) Bagaimana perencanaan manajemen sarana dan prasarana di Madrasah Ibtidaiyah Nuruz Zaman Sumbersalak Ledokombo Jember tahun pelajaran 2015/2016?, (2) Bagaimana pelaksanaan manajemen sarana dan prasarana di Madrasah Ibtidaiyah Nuruz Zaman Sumbersalak Ledokombo Jember tahun pelajaran 2015/2016? dan (3) Bagaimana evaluasi manajemen sarana dan prasarana di Madrasah Ibtidaiyah Nuruz Zaman Sumbersalak Ledokombo Jember tahun pelajaran 2015/2016?. Berangkat dari permasalahan di atas, tujuan penelitian ini yaitu : (1) Untuk mendeskripsikan perencanaan manajemen sarana dan prasarana di Madrasah Ibtidaiyah Nuruz Zaman Sumbersalak Ledokombo Jember Tahun 2015/2016, (2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan manajemen sarana dan prasarana di Madrasah Ibtidaiyah Nuruz Zaman Sumbersalak Tahun 2015/2016 dan (3) Untuk mendeskripsikan evaluasi manajemen sarana dan prasarana di Madrasah Ibtidaiyah Nuruz Zaman Sumbersalak Ledokombo Jember Tahun 2015/2016. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sehingga data-data yang diperoleh tidak berupa angka, akan tetapi berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang atau perilaku yang diamati. Lokasi penelitian di Madrasah Ibtidaiyah Nuruz Zaman Sumbersalak Ledokombo Jember. Informan dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, waka sarana prasarana, guru dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, interview dan dokumenter. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model analisis interaktif (reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan). Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi sumber. Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) Perencanaan sarana dan prasarana di Madrasah Ibtidaiyah Nuruz Zaman Sumbersalak Ledokombo. dilakukan apabila terdapat peralatan yang rusak atau yang diajukan oleh guru dengan mengajukan usulan pada rapat akhir tahun yang kemudian dirapatkan dengan pihak yayasan, (2) Dalam pelaksanaan manajemen sarana prasarana pendidikan, Madrasah Ibtidaiyah Nuruz Zaman Sumbersalak Ledokombo. melaksanakan secara berurutan, dimulai dari, pengadan, pemeliharaan, inventarisasi dan penghapusan. Proses tersebut dilakukan supaya digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id vi sarana prasrana di sekolah tersebut selalu dalam kondisi rapi, tertib, dan teratur dan (3) Evaluasi manajemen sarana dan prasarana misalnya penghapusan terhadap barang-barang yang dimiliki oleh Madrasah Ibtidaiyah Nuruz Zaman Sumbersalak Ledokombo jarang sekali dilakukan, karena madrasah ini mengusahakan perbaikan terhadap barang-barang rusak akan tetapi masih dapat diperbaiki, dan mengganti barang ketika barang tersebut sudah tidak dapat diperbaiki.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150313 Quality Management |
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Islam |
Depositing User: | Ms Diva Magang |
Date Deposited: | 20 Feb 2023 02:29 |
Last Modified: | 20 Feb 2023 02:29 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18899 |
Actions (login required)
View Item |