Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Anak Tunagrahita di SDLB ABCD PGRI 3 Kecamatan Cluring Kabupaten Banyuwangi.

Jamil, Nina Fauziah (2015) Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Anak Tunagrahita di SDLB ABCD PGRI 3 Kecamatan Cluring Kabupaten Banyuwangi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nina Fauziah Jamil_084 113 071.pdf

Download (3MB)

Abstract

Anak Tunagrahita adalah suatu kelainan dimana seseorang mengalami keterbelakangan mental dan memiliki tingkat kecerdasan dibawah normal atau mempunyai kemampuan intelektual dibawah rata-rata. Kajiannya dilatarbelakangi oleh pemikiran orang-orang yang dikotomis tentang anak Tunagrahita ini yang Selama ini pola pikir masyarakat kita masih cenderung memandang sebelah mata anak yang berkelainan, bahwa mereka dianggap berbeda dengan anak normal, mereka dianggap sosok yang tidak berdaya sehingga tidak perlu dibantu dan dikasihani. Pada umumnya masyarakat mengabaikan potensi anak cacat serta memandang kecacatan sebagai penghalang untuk berbuat sesuatu. Pada hakikatnya kecacatan sesorang bukanlah penghalang untuk melakukan sesuatu. Fokus masalah yang diteliti dalam sekripsi ini adalah 1) bagaimana perencanaan pembelajaran pendidikan agama islam pada anak tunagrahita di SDLB ABCD PGRI 3 Cluring, Kab.Banyuwangi? 2) bagaimana pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama islam pada anak tunagrahita SDLB ABCD PGRI 3 Cluring, Kab. Banyuwangi? 3) bagaimana penilaian pembelajaran pendidikan agama islam pada anak tungrahita SDLB ABCD PGRI 3 Cluring Kab. Banyuwangi? Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran pendidikan agama Islam pada anak Tunagrahita; 2) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam pada anak Tunagrahita; 3) mendeskripsikan penilaian pembelajaran pendidikan agama Islam pada anak Tunagrahita di SDLB ABCD PGRI 3 Cluring, Kab. Banyuwangi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini memperoleh kesimpulan antara lain: 1) Perencanaan pembelajaran yang ada di SDLB ABCD PGRI 3 Cluring meliputi: penyusunan rencana dan program pembelajaran (Silabus, RPP); 2) Pelaksanaan pembelajaran di SDLB yaitu: pra instruksional guru selalu membiasakan berdoa terlebih dahulu kepada murid, instruksional guru menggunakan metode bervariasi, guru bisa menggunakan lebih dari empat strategi dalam pembelajaran, memberi bimbingan untuk setiap individu secara telaten, pasca instruksioanal guru mengulang pembelajaran, ditutup dengan pemberian penguatan dan motivasi; 3) Penilaian pembelajaran di SDLB ini menggunakan penilaian proses dan penilaian hasil, dilihat dari perkembangan tingkah laku, dan kebiasaan anak melakukan sesuatu yang baru, serta penilaian hasil ujian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 20 Feb 2023 02:29
Last Modified: 20 Feb 2023 02:29
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18902

Actions (login required)

View Item View Item