Layanan Bimbingan dan Konseling di SMA Unggulan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Darus Sholah Jember

Hidayati, Nur Cahya (2016) Layanan Bimbingan dan Konseling di SMA Unggulan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Darus Sholah Jember. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nur Cahya Hidayati _0849110271.pdf

Download (7MB)

Abstract

Kata Kunci: Bimbingan dan konseling. Bidang bimbingan dan konseling dalam dunia pendidikan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dengan dua bidang lainnya (bidang administratif dan kepemimpinan, bidang instruksional dan kurikuler) atau dengan kata lain bidang bimbingan dan konseling merupakan bagian dari sistem pendidikan (sub sistem pendidikan). Mengingat bahwa bidang bimbingan merupakan salah satu pilar pendidikan maka layanan bidang bimbingan harus bermutu, sehingga dihasilkan lulusan yang bermutu. Dengan demikian, akan semakin banyak dihasilkan sumber daya manusia yang bermutu atau berkualitas. Dilihat dari masalah individu, ada empat jenis bimbingan yaitu: (1). bimbingan pribadi, (2). bimbingan sosial, (3). bimbingan belajar; dan (4). bimbingan belajar. Adapun fokus penelitian dalam penelitian ini yaitu (1) Bagaimana layanan bimbingan pribadi di SMA Unggulan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Darus Sholah Jember (2) Bagaimana layanan bimbingan sosial di SMA Unggulan BPPT Darus Sholah Jember (3) Bagaimana layanan bimbingan belajar di SMA Unggulan BPPT Darus Sholah Jember (4) Bagaimana layanan bimbingan karier di SMA Unggulan BPPT Darus Sholah Jember. Adapun tujuan penelitian ini yaitu (1) untuk mendiskripsikan layanan bimbingan pribadi di SMA Unggulan BPPT Darus Sholah Jember (2) untuk mendiskripsikan layanan bimbingan sosial di SMA Unggulan BPPT Darus Sholah Jember (3) untuk mendiskripsikan layanan bimbingan belajar di SMA Unggulan BPPT Darus Sholah Jember (4) untuk mendiskripsikan layanan bimbingan belajar di SMA Unggulan BPPT Darus Sholah Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian diskiptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan diskusi teman sejawat. Hasil penelitian ini adalah, (1) layanan bimbingan pribadi di SMA Unggulan BPPT Darus Sholah Jember, dilaksanakan secara individu, kelompok, dan klasikal (perkelas), telah terjalin komunikasi yang baik antara siswa dengan guru BK dan guru BK memberi motivasi kepada siswa agar selalu berpegang teguh pada nilai-nilai keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan YME , serta menasehati siswa agar selalu berperilaku baik dan jujur terhadap guru antar siswa, dan orang tua. (2) layanan bimbingan sosial di SMA Unggulan BPPT Darus Sholah Jember, sudah berjalan dengan baik, hal ini dapat dilihat dari digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id tingkah laku siswa penuh dengan tata krama, sopan santun, antar siswa dapat bekerja sama dengan baik, siswa dapat menerima pendapat dan saran orang lain.(3) layanan bimbingan belajar di SMA Unggulan BPPT Darus Sholah Jember, guru BK sudah banyak memberikan penjelasan tentang kedisiplinan dan cara belajar yang efektif baik secara individu maupun kelompok, Siswa telah dapat mengatur waktu belajarnya dan telah menggunakan berbagai sumber belajar untuk penguasaan materi pelajaran. (4) layanan bimbingan karier di SMA Unggulan BPPT Darus Sholah Jember, telah terlaksana dengan baik, BK sebagai ujung tombak pengembangan wawasan karir siswa. Siswa sudah memiliki wawasan cara untuk memperoleh pekerjaan dengan memanfaatkan teknologi informasi. Guru BK berperan penting terhadap keputusan yang diambil oleh siswa dalam memilih dan menentukan karir dengan bekerja atau melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
Divisions: Program Magister > Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 20 Feb 2023 02:29
Last Modified: 20 Feb 2023 02:29
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18903

Actions (login required)

View Item View Item