Peran Kepala Sekolah Sebagai Administrator dalam Mengelola Administrasi Pendidikan di SMA Plus Al-Azhar Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2014/2015

Adibah, Roihana (2015) Peran Kepala Sekolah Sebagai Administrator dalam Mengelola Administrasi Pendidikan di SMA Plus Al-Azhar Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2014/2015. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Roihana Adibah _084 113 037.pdf

Download (2MB)

Abstract

Rendahnya pengelolaan administrasi dalam pendidikan adalah salah satu faktor rendahnya pendidikan di Indonesia. Berbagai peristiwa dalam manajemen administrasi sering menjadi permasalahan utama dalam kegiatan proses belajar mengajar. Kepala sekolah sebagai administrator dalam pendidikan adalah orang yang paling bertanggung jawab dalam memajukan sekolah yang dipimpinnya. Fokus penelitian yang diteliti adalah bagaimana peran kepala sekolah sebagai administrator dalam mengelola administrasi pendidikan di SMA plus Al-Azhar Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember tahun pelajaran 2014/2015?. Sub fokus penelitian: (1) Bagaimana peran kepala sekolah sebagai administrator dalam mengelola administrasi personalia?. (2) Bagaimana peran kepala sekolah sebagai administrator dalam mengelola administrasi kurikulum?. (3) Bagaimana peran kepala sekolah sebagai administrator dalam mengelola administrasi material?. Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran kepala sekolah sebagai administrator dalam mengelola administrasi pendidikan di SMA plus Al-Azhar Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember tahun pelajaran 2014/2015. Tujuan khusus: (1) Untuk mendeskripsikan peran kepala sekolah sebagai administrator dalam mengelola administrasi personalia. (2) Untuk mendeskripsikan peran kepala sekolah sebagai administrator dalam mengelola administrasi kurikulum. (3) Untuk mendeskripsikan peran kepala sekolah sebagai administrator dalam mengelola administrasi material. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumenter. Analisis data menggunakan analisis kualitatif deskriptif dengan tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa peran kepala sekolah sebagai administrator dalam mengelola administrasi pendidikan dibuktikan dengan tindakan berupa pemberian masukan kepada para pegawainya, pembinaan kepada staff administrasinya dan pemantauan langsung dalam pengelolaan administrasi pendidikan. Kesimpulan khusus yaitu: (1) Peran kepala sekolah sebagai administrator dalam mengelola administrasi personalia dimulai dari pengangkatan pegawai, kesejahteraan pegawai, penerimaan siswa baru dan kesejahteraan peserta didik. (2) Peran kepala sekolah sebagai administrator dalam mengelola administrasi kurikulum sudah dilaksanakan mulai dari pembagian distribusi jam mengajar sampai pada evaluasi kurikulum yang dikelola langsung oleh kepala sekolah. (3) Peran administrator dalam mengelola administrasi material diawali dengan perencanaan pengadaan sarana prasarana dan pengadaan anggaran uang belanja sekolah dengan cara meminta bantuan semaksimal mungkin kepada pemerintah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 20 Feb 2023 02:30
Last Modified: 20 Feb 2023 02:30
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18920

Actions (login required)

View Item View Item