Pengaruh Kinerja guru dan Lingkungan Terhadap Prestasi Belajar Siswa di Madrasah Aliyah Negeri Jember Tahun Pelajaran 2015/2016.

Rohmah, Siti Mawadah Ainur (2016) Pengaruh Kinerja guru dan Lingkungan Terhadap Prestasi Belajar Siswa di Madrasah Aliyah Negeri Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Siti Mawadah Ainur Rohmah_0849113081.pdf

Download (17MB)

Abstract

Kata Kunci : Kinerja guru, Lingkungan, Prestasi Belajar Siswa, Keberhasilan prestasi belajar siswa di Madrasah Aliyah Negeri Jember didukung dan dipengaruhi oleh berbagai faktor eksternal dan faktor internal siswa. Diantaranya dari kepemimpinan kepala madrasah, kinerja guru dan lingkungan. Ketiga faktor ini merupakan faktor pendukung yang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini dipusatkan pada tingkat pengaruh kepemimpinan kepala madrasah, kinerja guru dan lingkungan terhadap prestasi belajar siswa di Madrasah Aliyah Negeri Jember. Ada empat masalah yang diangkat dalam penelitian ini yaitu: pertama, adakah pengaruh kepemimpinan kepala madrasah terhadap prestasi belajar siswa di Madrasah Aliyah Negeri Jember Tahun Pelajaran 2015/2016?, Kedua, adakah pengaruh kinerja guru terhadap prestasi belajar siswa di Madrasah Aliyah Negeri jember Tahun Pelajaran 2015/2016?, Ketiga, adakah pengaruh lingkungan terhadap prestasi belajar siswa di Madrasah Aliyah Negeri Jember tahun Pelajaran 2015/2016?, Keempat, adakah pengaruh Kepemimpinan kepala madrasah, kinerja guru, dan lingkungan terhadap prestasi belajar siswa di Madrasah Aliyah Negeri Tahun Pelajaran 2015/2016? Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris variabel-variabel dalam penelitian yang telah dirumukan dalam rumusan masalah, yaitu adakah pengaruh Kinerja guru (X1) dan lingkungan (X2) terhadap Prestasi belajar siswa (Y). Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Proportionate Random Sampling sejumlah 133 siswa dari populasi 883 siswa kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri Jember. Analisis yang dilakukan menggunakan Analisis regresi berganda. Uji hipotesis dilakukan dengan bantuan software Statistic Package for the Sciences (SPSS) versi 16.00. Hasil analisis menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh kepemimpinan kepala madrasah terhadap prestasi belajar siswa adalah dengan koefisien jalur standardize tidak berpengaruh 0,081. Pengaruh kinerja guru terhadap prestasi belajar siswa adalah positif signifikan, dengan koefisien jalur standardize pengaruh langsung sebesar 0,298. Pengaruh lingkungan terhadap prestasi belajar siswa adalah positif signifikan, dengan koefisien jalur standardize berpengaruh langsung 0,427. Pengaruh Kepemimpinan kepala madrasah Kinerja guru dan lingkungan terhadap prestasi belajar siswa adalah positif signifikan, dengan koefisien standardize berpengaruh langsung 0,452.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Program Magister > Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 20 Feb 2023 02:30
Last Modified: 20 Feb 2023 02:30
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18922

Actions (login required)

View Item View Item