Manajemen Sarana Dan Prasarana dalam Meningkatkan Program Keterampilan di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember

Winarni, Sri (2016) Manajemen Sarana Dan Prasarana dalam Meningkatkan Program Keterampilan di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Sri Winarni_0894113083.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kata Kunci: Manajemen Sarana Prasarana Pendidikan, Program Keterampilan Pemenuhan kebutuhan tenaga terampil tingkat dasar saat ini dianggap sebagian besar masyarakat pendidikan belum berhasil/gagal. Kebutuhan tenaga kerja di lingkungan sekolah dengan industri tidak sesuai dengan lulusan pendidikan dasar 12 tahun dan dunia kerja merupakan permasalahan yang terus diupayakan penyempurnaannya. Oleh karena itu perlu adanya pembelajaran program keterampilan yang relevan antara pendidikan formal dengan kebutuhan tenaga kerja di dunia industri di lingkungan sekolah. Keberhasilan proses belajar mengajar sangat dipengaruhi oleh banyak faktor salah satunya adalah tersedianya sarana prasarana pendidikan yang memadai disertai pemanfaatan dan pengelolaan maksimal. Berdasarkan konteks tersebut, peneliti merumuskan fokus penelitian yang terdiri dari: perencanaan, pengadaan, pemeliharaan, inventarisasi dan penghapusan dalam meningkatkan program keterampilan MAN 1 Jember. Untuk mendeskripsikan dengan benar fokus tersebut, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian study kasus dengan menggunakan tekhnik purposive sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan memakai metode wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data melalui triangulasi sumber dan metode. Tahapan-tahapan lapangan dilakukan dari pra lapangan, peneitian lapangan dan analisis data. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa: (1) Perencanaan sarana dan prasarana dalam meningkatkan program keterampilan MAN 1 Jember terdiri dari beberapa langkah: a) menampung semua usulan pengadaan perlengkapan sekolah diajukan oleh setiap unit kerja sekolah; b) menyusun rencana kebutuhan perlengkapan sekolah periode tertentu; c) memadukan rencana kebutuhan yang telah disusun dengan perlengkapan yang telah tersedia sebelumnya; d) memadukan rencana kebutuhan dengan dana atau anggaran sekolah yang telah tersedia; e) memadukan rencana (daftar) kebutuhan perlengkapan dengan dana;d) penetapan rencana pengadaan akhir. (2) Pengadaan sarana dan prasarana dalam meningkatkan program keterampilan MAN 1 Jember dilakukan dengan cara digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id vi membeli dan menyewa. (3) Pemeliharaan dan inventarisasi sarana dan prasarana dalam meningkatkan program keterampilan MAN 1 Jember yang terdiri dari: a) pemeliharaan bersifat pengecekan, pemeliharaan yang bersifat pencegahan, perbaikan sehari-hari dan berkala; b) inventarisasi dilakukan dengan langkah pertama mendaftar barang baru, pencatatan di dalam buku penerimaan, pengelompokan barang baru dibedakan menjadi dua yaitu dari Komite dan BOS, untuk barang bukan inventaris adalah bahan habis pakai. (4) penghapusan sarana dan prasarana dalam meningkatkan program keterampilan MAN 1 Jember adalah tidak dilakukan penghapusan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1508 Other1503 Commerce, Management, Tourism and Services > 159999 Commerce, Management, Tourism and Services not elsewhere classified
Divisions: Program Magister > Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 20 Feb 2023 02:30
Last Modified: 20 Feb 2023 02:30
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18924

Actions (login required)

View Item View Item