Manajemen Pembelajaran Matakuliah Pendidikan Antikorupsi di Jurusan Tarbiyah STAI Al-Qodiri.

Nurhayati, Umi (2016) Manajemen Pembelajaran Matakuliah Pendidikan Antikorupsi di Jurusan Tarbiyah STAI Al-Qodiri. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Umi Nurhayati_0849113090.pdf

Download (10MB)

Abstract

Kata Kunci: Manajemen Pembelajaran, Matakuliah Pendidikan Antikorupsi Pendidikan Antikorupsi (PAK) dilaksanakan di perguruan tinggi. PAK menjadi matakuliah tersendiri. PAK akan berjalan dengan baik, apabila menerapkan manajemen pembelajaran secara efektif dan efisien. Manajemen pembelajaran dalam matakuliah pendidikan antikorupsi sangat penting, karena itu akan mempermudah guru untuk mencapai tujuan pembelajaran dari yang sudah ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaandan, dan evaluasi Matakuliah Pendidikan Antikorupsi di Jurusan Tarbiyah STAI Al-Qodiri Jember Tahun 2015/2016. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan rancangan jenis studi kasus. Penentuan informan menggunakan tehnik purpossive sampling dan snowball sampling. Prosedur pengumpulan data dengan tehnik wawancara mendalam, tehnik pengamatan peran serta, dan tehnik dokumentasi. Tekhnik analisis data menggunakan model interaktif dari Milles dan Hunberman. yaitu; reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan Uji valliditas data menggunakan kredibilitas data dengan lima teknik pencapaian, yaitu; perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, trianggulasi, pemeriksaan sejawat melalui diskusi, dan pengecekan anggota. Hasil penelitian: 1) dosen telah merumuskan perencanaan pembelajaran, yaitu: merumuskan KD dan Indikator, mendesain proses pembelajaran, menentukan partisipasi dosen, salah satu sarana dan prasana serta merumuskan evaluasi hasil pembelajaran dan pengembangan pembelajaran, 2) langkah-langkah perumusan pengorganisasian yaitu: menyediakan beberapa sarana dan prasana dan personel, mengelompokkan komponen pembelajaran, membentuk struktur wewenang dan mekanisme koordinasi pembelajaran, serta menetapkan prosedur pembelajaran, 3) pelaksanaannya dilaksanakan variatif dengan melaksanakan pendidikan di dalam dan di luar jam perkuliahan seperti salah satunya sosialisasi pendidikan antikorupsi ke MA dan SMK. Pelaksanaan pembelajaran berjalan secara aktif dengan menempatkan mahasiswa sebagai pusat pembelajaran. Semua tahap pembelajaran mulai dari pra intruksional/pendahuluan, tahap intrksional/inti pembelajara, dan penutup sudah dijalankan dengan baik, dan 4) pelaksanaan evaluasi dilakukan dengan dua langkah, yaitu: evaluasi hasil belajar maupun evaluasi proses pembelajaran. Evaluasi hasil belajar berbentuk formatif maupun sumatif. Sedangkan pada tahap evaluasi proses pembelajaran, dosen matakuliah pendidikan antikorupsi juga telah melakukan dengan hasilnya berbentuk inovasi proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Program Magister > Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 20 Feb 2023 02:30
Last Modified: 20 Feb 2023 02:30
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18927

Actions (login required)

View Item View Item