Manajemen Sarana Prasarana dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI di SMP Negeri 10 Jember Tahun Pelajaran 2014/2015.

Isnaini, Yulia (2015) Manajemen Sarana Prasarana dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI di SMP Negeri 10 Jember Tahun Pelajaran 2014/2015. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Yulia Isnaini_084 113 057.pdf

Download (3MB)

Abstract

Sarana prasarana merupakan salah satu sumber daya yang sangat penting dan utama dalam menunjang proses pembelajaran di sekolah. Agar sarana pendidikan dapat difungsikan dengan baik, maka diperlukan manajemen sarana prasarana pendidikan. Dengan adanya manajemen sarana prasarana pendidikan, maka sekolah akan mampu mengelola sarana prasarana pendidikan secara lebih terkonsep dan terarah sehingga peserta didik dapat termotivasi untuk belajar dengan lebih giat lagi. Dengan tidak adanya test pada siswa baru di SMP Negeri 10 Jember tahun pelajaran 2014/2015 sehingga semua siswa dapat masuk di sekolah ini, maka hendaknya pendidik terutama sekolah memberikan motivasi yang lebih kepada seluruh siswa yaitu salah satu caranya dengan mengupayakan pengelolaan sarana prasarana dengan semaksimal mungkin sehingga siswa dapat meningkatkan motivasi belajarnya terutama pada pelajaran PAI. Fokus penelitian yang diteliti di skripsi adalah bagaimana manajemen sarana prasarana dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 10 Jember tahun pelajaran 2014/2015? sedangkan sub fokus penelitian yaitu: 1) Bagaimana manajemen sarana prasarana dalam meningkatkan motivasi instrinsik belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 10 Jember tahun pelajaran 2014/2015? 2) Bagaimana manajemen sarana prasarana dalam meningkatkan motivasi ekstrinsik belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 10 Jember tahun pelajaran 2014/2015? Tujuan umum dilakukannya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan manajemen sarana prasarana dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 10 Jember tahun pelajaran 2014/2015, dan tujuan khusus dari penelitian ini yaitu: 1) Untuk mendeskripsikan manajemen sarana prasarana dalam meningkatkan motivasi instrinsik belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 10 Jember tahun pelajaran 2014/2015. 2) Untuk mendeskripsikan manajemen sarana prasarana dalam meningkatkan motivasi ekstrinsik belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 10 Jember tahun pelajaran 2014/2015. Adapun metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, dan jenis penelitiannya berbentuk deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumenter. Analisis data menggunakan analisis kualitatif deskriptif dengan tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dengan menggunakan metode tersebut, maka dapat disimpulkan bahwasannya manajemen sarana prasarana dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 10 Jember telah dilaksanakan dengan cara pengadaan, perawatan, digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id vii penggunaan dan pengembangan sarana prasarana. Sedangkan kesimpulan khusus dari penelitian ini adalah: 1) Manajemen sarana prasarana dalam meningkatkan motivasi instrinsik belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 10 Jember telah dilaksanakan dengan semaksimal mungkin yang meliputi hasrat untuk belajar, minat dan kebutuhan dari peserta didik itu sendiri. 2) Manajemen sarana prasarana dalam meningkatkan motivasi ekstrinsik belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 10 Jember yang meliputi kompetisi, hukuman, pemberian hadiah, pujian dan pemberian ulangan telah dilaksanakan dengan memanfaatkan semua fasilitas sekolah secara maksimal dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 20 Feb 2023 02:31
Last Modified: 20 Feb 2023 02:31
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18929

Actions (login required)

View Item View Item