Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Memotivasi Belajar Siswa Ekstrakurikuler Hadrah di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Rambipuji

Laili, Elok Afidatul (2020) Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Memotivasi Belajar Siswa Ekstrakurikuler Hadrah di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Rambipuji. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Jember.

[img] Text
Elok Afidatul Laili_T20151345.pdf

Download (28MB)

Abstract

Bukan hanya mendidik, salah satu tugas guru adalah memotivasi dan mendukung penuh atas segala kegiatan yang bisa menunjang keberhasilan peserta didik baik segi akademik maupun non akademik. Salah satunya Ekstrakurikuler yang bernuansa agamis yaitu Hadrah yang dilaksanakan oleh guru dan siswa SMP Negeri 2 Rambipuji. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam pada Ekstrakurikuler Hadrah di SMP Negeri 2 Rambipuji?; 2) Bagaimana motivasi belajar siswa Ekstrakurikuler Hadrah pada pembelajaran pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Rambipuji?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan peran guru Pendidikan Agama Islam pada ekstrakurikuler hadrah SMP Negeri 2 Rambipuji?; 2) Untuk mendeskripsikanmotivasi belajar siswa Ekstrakurikuler Hadrah pada pembelajaran pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Rambipuji? Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian Field Research. Teknik pengumpulan data dalam skripsi ini menggunakan observasi non-partisipan, wawancara semi terstruktur, dan dokumenter. Adapun analisis data menggunakan model analisis data interaktif yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman dan keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian, yaitu: 1) Guru PAI sangat berperan dalam memotivasi siswa ekstrakurikuler hadrah, yaitu dengan membimbing, memberikan contoh yang baik, memberi fasilitas yang cukup, dan memberi pijakan dalam ekstrakurikuler hadrah yaitu dengan bacaan shalawat. Pada pelaksanaan dalam kegiatan Ekstrakurikuler Hadrah oleh peserta didik yang tergabung didalamnya, guru PAI ada didalamnya dan berperan sebagai pembimbing, selalu memonitoring kegiatan keagamaan ini yang merupakan salah satu tanggung jawab dari guru PAI. 2) Motivasi siswa ekstrakurikuler hadrah pada pembelajaran PAI sangat tinggi. Karena menurut siswa banyak motivasi yang diberikan oleh guru PAI. Motivasi siswa dalam Ekstrakurikuler Hadrah ini didukung dengan adanya alatalat, tempat kegiatan Estrakurikuler, juga guru dan orang tua yang selalu memotivasi untuk tetap semangat dalam mengikuti Ekstrakurikuler yang bernuansa agamis ini. Selain faktor pendukung juga terdapat faktor penghambat yang mempengaruhi siswa Ekstrakurikuler Hadrah yaitu waktu yang seharusnya digunakan untuk latihan, dirasa kurang berjalan dengan maksimal.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Maulida Agustiningsih
Date Deposited: 26 Apr 2021 07:27
Last Modified: 26 Apr 2021 07:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/1893

Actions (login required)

View Item View Item