Pengaruh Penggunaan Media Sosial Instagram Terhadap Perilaku Ibadah Mahasiswa fakultas dakwah IAIN Jember.

Listiyanto, Achmad (2020) Pengaruh Penggunaan Media Sosial Instagram Terhadap Perilaku Ibadah Mahasiswa fakultas dakwah IAIN Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Achmad Listiyanto_D20151042.pdf

Download (5MB)

Abstract

Instagram adalah media sosial dengan sistem pengolahan foto dan video serta perolehan informasi yang lebih praktis. Mengambil dan menyebar luaskan foto dan video dengan fitur yang disajikan tak heran jika Instagram menjadi media sosal yang paling populer. Kelebihan-kelebihan yang disajikan media sosial Instagram mampu meraih pengguna terbanyak dari media sosial lainnya tak terkecuali pada kalangan mahasiswa. Media sosial Instagram menawarkan sistem komunikasi dengan berbagai kemudahan melalui penggunaan fitur ataupun konten tidak hanya estetika tetapi juga etika yang dapat diciptakan. Pemanfaatan fitur untuk menemukan foto, video dan berita tentang keIslaman serta Akun-akun keagamaan pada Instagram salah satu metode yang dapat menciptakan etika yang baik sekaligus mempengaruhi bagi penggunanya khususnya mahasiswa. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh penggunaan media sosial instagram terhadap perilaku ibadah mahasiswa fakultas dakwah IAIN Jember dan Seberapa Besar pengaruh penggunaan media sosial instagram terhadap perilaku ibadah mahasiswa fakultas dakwah IAIN Jember. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penggunaan media sosial instagram terhadap perilaku ibadah mahasiswa fakultas dakwah IAIN Jember dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan yang diberikan media sosial Instagram terhadap perilaku keagamaan mahasiswa fakultas dakwah IAIN Jember. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara sdan penyebaran angket. Metode analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji linearitas, uji regresi linear sederhana dan uji hipotesis menggunakan uji determinasi atau R2. Kemudian pengolahan datanya menggunakan aplikasi SPSS 16.0 for windows. Nilai Determinasi atau Adjusted R Square adalah 0,032 atau 3,2%. Hal tersebut berarti bahwa penggunaan media sosial instagram berpengaruh terhadap perilaku keagamaan mahasiswa fakultas dakwah sebesar 3,2%. Sisanya 96,8% berasal dari variable lain yang tidak terdapat dalam model penelitian. Berdasarkan hasil yang telah diolah, didapatkan nilai Sig pada uji F adalah 0,001 atau kurang dari 0,05 yang berarti model dapat diterima atau variable penggunaan media sosial instagram benar-benar mempengaruhi variable perilaku ibadah mahasiswa. Media Sosial Instagram berpengaruh sangat besar dan positif signifikan terhadap perilaku ibadah mahasiswafakultas dakwah IAIN Jember. Hal tersebut berarti setiap penggunaan media sosial instagram secara langsung dan tidak langsung berpengaruh terhadap perilaku ibadah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1699 Other Studies in Human Society > 169999 Studies in Human Society not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 20 Feb 2023 07:36
Last Modified: 20 Feb 2023 07:36
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18930

Actions (login required)

View Item View Item