Penerapan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Di Sekolah Dasar Negeri Sukorejo 2 Kecamatan Sukowono Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2014/2015

Lutfi, Ahmad (2015) Penerapan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Di Sekolah Dasar Negeri Sukorejo 2 Kecamatan Sukowono Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2014/2015. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ahmad Lutfi_084 113 059.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kepemimpinan adalah kemampuan untuk menggerakkan, mempengaruhi, memotivasi, mengajak, mengarahkan, menasehati, membina, membimbing, melatih, menyuruh, memerintah, melarang, dan bahkan menghukum (kalau perlu) dengan maksud agar manusia sebagai bagian dari organisasi mau bekerja dalam rangka mencapai tujuan dirinya sendiri sendiri maupun organisasi secara efektif dan efesien. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini dibagi menjadi dua sub masalah yaitu 1)Bagaimana penerapan gaya kepemimpinan tranformasional kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru ?. 2)Bagaimana penerapan gaya kepemimpinan partisipatif kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru ? Adapun tujuan dilakukannya penelitian ini terbagi menjadi dua yaitu 1)Untuk mendeskripsikan penerapan gaya kepemimpinan tranformasional kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru. 2)Untuk mendeskripsikan penerapan gaya kepemimpinan partisipatif kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru. Kesimpulan dari penelitian ini dibagi menjadi dua yaitu 1) Penerapan gaya kepemimpinan transformational kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru di SD Negeri Sukorejo 2 kecamatan Sukowono kabupaten Jember dapat berjalan sesuai dengan harapan dikarenakan kepala sekolah SD Negeri Sukorejo 2 telah memberikan arahan-arahan atau motivasi-motivasi yang tinggi terhadap bawahannya. Kepala sekolah juga sering membina guru supaya melakukan inovasi atau perubahan-perubahan dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah. Guru sering mengikuti pelatihan-pelatihan dan penataran agar kompetensi yang dimililki bertambah dan itu semua tidak lepas dari peran seorang kepala sekolah.. 2) Penerapan gaya kepemimpinan partisipatif kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru di SD Negeri Sukorejo 2 kecamatan Sukowono kabupaten Jember dapat berjalan sesuia dengan harapan karena kepala sekolah SD Negeri Sukorejo 2 telah memberikan motivasi dan membina pada bawahannya. Kepala selalu transparansi terhadap guru-guru jika sedang memiliki masalah di sekolah dan memecahkannya dengan cara bersama-sama dengan guru. Dan kompetensi guru dapat meningkatkan karena tidak lepas dari peran kepala sekolah yang sering membina dan memberikan kepercayaan yang tinggi terhadap bawahannya..

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 20 Feb 2023 07:37
Last Modified: 20 Feb 2023 07:37
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18934

Actions (login required)

View Item View Item