Eksistensi Pondok Pesantren Sebagai Lembaga Pendidikan Islam di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Sodong Kemiri Panti Jember.

Kusmanto, Ahmad Robby (2015) Eksistensi Pondok Pesantren Sebagai Lembaga Pendidikan Islam di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Sodong Kemiri Panti Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ahmad Robby Kusmanto_084 101 183.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dunia pendidikan diakui terlibat dalam merekayasa suatu peradaban. Pasang surutnya suatu peradapan sangat dipengaruhi dan berbanding lurus dengan pendidikan. Salah satu lembaga pendidikan yang juga memiliki kontribusi terhadap kemajuan serta keberadapan masyarakatnya adalah pesantren. Pada tahap selanjutnya, Keberadaan pesantren sebagai lembaga pendidikan keagamaan merupakan suatu realitas yang tidak dapat dipungkiri oleh siapa saja. Sepanjang sejarah yang dilaluinya, pesantren terus menekuni bidang pendidikan dan menjadikannya sebagai sentral kegiatan sosial. Oleh karenanya pondok pesantren diharapkan mampu untuk selalu beradaptasi dengan budaya tanpa harus meninggalkan tradisi nya sehingga pesantren bisa menunjukkan kualitas atas eksistensinya dalam dunia pendidikan. Fokus penelitian yang diangkat dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah eksistensi pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Sodong Kemiri Panti Jember. Sedangkan subfokus adalah (a) Bagaimana Eksistensi Tradisi Pondok Pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Sodong Kemiri Panti Jember dan, (b) Bagaimana eksistensi metode pengajaran pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Sodong Kemiri Panti Jember. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah Kualitatif Deskriptif, Penentuan subyek penelitian mengguakan PurposiveSampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, interviewee, dan dokumenter. Kegiatan analisis data dengan reduksi data, data display, dan penarikan kesimpulan, sedangkan untuk menguji validitas data peneliti menggunakan triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diambil kesimpulan bahwa Pondok Pesantren Miftahul Ulum Sodong Kemiri Panti Jember tetap menjaga tradisitradisi dari para pendahulunya. Adapun tradisi tersebut antara lain: ibadah, kesederhanaan, pengabdian, hubungan sesama santri, dan mandiri. Selain itu, dalam metode pembelajaran dan pendidikannya Pondok Pesantren Miftahul Ulum Sodong Kemiri Panti Jember juga tetap menggunakan metode yang dipakai oleh para pendahulunya seperti: sorogan, wetonan/bandongan, hafalan. vi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 20 Feb 2023 07:37
Last Modified: 20 Feb 2023 07:37
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18935

Actions (login required)

View Item View Item