Hadi, Arief Rachmat (2015) Implementasi Supervisi Akademik Kepala Sekolah di SMAN 4 Jember Tahun Pelajaran 2014/2015. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Arief Rachmat Hadi _084 103 123.pdf Download (2MB) |
Abstract
Peningkatan kinerja guru merupakan tanggung jawab kepala sekolah dan pengawas sekolah. Peningkatan tersebut diwujudkan dengan memberikan pelayanan, bantuan profesional atau bimbingan yang diberikan oleh supervisor yaitu pengawas dan kepala sekolah kepada guru dan staf tata usaha untuk meningkatkan kinerjanya dalam mencapai tujuan pendidikan. Dengan diterapkannya supervisi dan pembinaan terhadap guru dan pegawai sekolah secara terencana, maka dapat membantu guru dan pegawai sekolah dalam melakukan kegiatan pengajaran dan administrasi secara efesien dan efektif. Sehingga muncul keinginan untuk meneliti mengenai: “Implementasi Supervisi Akademik Kepala Sekolah Di Sekolah Menengah Atas (Sma) Negeri 4 Jember Tahun Pelajaran 2014/2015”. Adapun fokus penelitian ini adalah sebagai berikut: pertama, Fokus penelitian : Bagaimana implementasi supervisi akademik kepala sekolah di SMAN 4 Jember tahun pelajaran 2014/2015 ?, Kedua, Subfokus penelitian a. Bagaimanakah perencanaan supervisi akademik kepala sekolah di SMAN 4 Jember tahun pelajaran 2014/2015 ? b. Bagaimanakah pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah di SMAN 4 Jember tahun pelajaran 2014/2015 ? c. Bagaimanakah evaluasi supervisi akademik kepala sekolah di SMAN 4 Jember tahun pelajaran 2014/2015 ? Tujuan penelitian ini adalah 1) tujuan umum yaitu untuk mendeskripsikan implementasi supervisi akademik kepala sekolah di SMAN 4 Jember tahun pelajaran 2014/2015, 2) tujuan khusus yaitu a) untuk mendeskripsikan perencanaan supervisi akademik kepala sekolah di SMAN 4 Jember tahun pelajaran 2014/2015, b) untuk mendeskripsikan pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah di SMAN 4 Jember tahun pelajaran 2014/2015, c) untuk mendeskripsikan evaluasi supervisi akademik kepala sekolah di SMAN 4 Jember tahun pelajaran 2014/2015. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Penelitian ini menggunakan menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 4 Jember dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu: Observasi, interview, dan dokumentasi. Keabsahan data dengan menggunakan trianggulasi sumber. Berdasarkan penyajian data dan analisis data dapat disimpulkan, bahwa implementasi supervisi akademik kepala sekolah di SMAN 4 Jember tahun pelajaran 2014/2015 terlaksana meskipun belum maksimal. Sedangkan lebih rinci lagi, perencanaan supervisi akademik kepala sekolah di SMAN 4 Jember tahun pelajaran 2014-2015 disusun sebelum kegiatan belajar mengajar dilaksanakan yaitu awal tahun ajaran baru dengan melibatkan semua komponen sekolah, Pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah dilakukan oleh kepala sekolah secara langsung dan juga dibantu oleh waka kurikulum dan guru-guru senior yang sudah memiliki kualifikasi, dengan menggunakan teknik individu dan teknik kelompok. Evaluasi supervisi akademik dilakukan berdasarkan prinsip-prinsip evaluasi sumatif dan formatif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Ms Diva Magang |
Date Deposited: | 20 Feb 2023 07:37 |
Last Modified: | 20 Feb 2023 07:37 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18938 |
Actions (login required)
View Item |