Implementasi Pembelajaran baca tulis Al-Quran dan Problematikanya bagi Peningkatan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 6 Jember Tahun Pelajaran 2015/2016

Musrifah, Binti (2015) Implementasi Pembelajaran baca tulis Al-Quran dan Problematikanya bagi Peningkatan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 6 Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Binti Musrifah_084 111 254.pdf

Download (3MB)

Abstract

Al-Qur’an adalah wahyu Allah yang berfungsi sebagai mu’jizat bagi Rasulullah Muhammad SAW, sebagai pedoman hidup bagi setiap muslim dan sebagai penyempurna terhadap kitab-kitab Allah yang sebelumnya, dan bernilai abadi. Permasalahan dalam skripsi ini adalah bagaimana implementasi pembelajaran baca tulis Al-Qur’an dan problematikanya bagi peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 6 Jember tahun pelajaran 2015/2016?, sedangkan sub masalahnya adalah Bagaimana pelaksanaan, problematika,dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 6 Jember tahun pelajaran 2015/2016. Tujuan dari skripsi ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran baca tulis Al-Qur’an dan problematikanya bagi peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 6 Jember tahun pelajaran 2015/2016. selanjutnya tujuan khususnya adalah Untuk mendeskripsikan pelaksanaan,problematika,dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 6 Jember. Pendekatan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan (field research). Pengumpulan data menggunakan observasi, interview dan dokumentasi. Metode penentuan informan menggunakan purposive sampling. Metode analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif reflektif dengan validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber. Kesimpulan ditemukan problem dalam implementasi baca tulis Al-Qur’an untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 6 Jember tahun pelajaran 2015/2016, pelaksanaan pembelajaran baca tulis Al-Qur’an diawali dengan kegiatan perencanaan dan ditemukan problematika dalam pembelajaran baca tulis Al-Qur’an, Problem tersebut meliputi materi, metode dan media. Dengan adanya problematika dalam pembelajaran baca tulis Al-Qur’an diharapkan guru dapat mencarikan solusi sehingga kemampuan siswa dalam pembelajaran baca tulis Al-Qur’an semakin meningkat, hal ini dapat dilihat dari nilai evaluasi rata-rata di atas 70 sesuai dengan standart kelulusan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 20 Feb 2023 07:37
Last Modified: 20 Feb 2023 07:37
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18940

Actions (login required)

View Item View Item