Persepsi Mahasiswa Dari Thailand Tentang Proses Pembelajaran Di IAIN Jember Tahun Akademik 2014/2015

Suryani, Endah (2015) Persepsi Mahasiswa Dari Thailand Tentang Proses Pembelajaran Di IAIN Jember Tahun Akademik 2014/2015. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Endah Suryani_084 111 171.pdf

Download (2MB)

Abstract

Proses pembelajaran merupakan komponen yang sangat penting, sebab diharapkan melalui proses pembelajaran terjadi perubahan tingkah laku pada diri mahasiswa sebagai indikator keberhasilan pelaksanaan kurikulum. Hal tersebut menimbulkan pengaruh dalam proses pembelajaran, khususnya di IAIN Jember. Sehingga hal tersebut menyebabkan adanya persepsi dari setiap mahasiswa tentang proses pembelajaran di IAIN Jember, khususnya mahasiswa asal Thailand. Berdasarkan latar belakang di atas, maka fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana persepsi mahasiswa dari Thailand tentang materi pelajaran di IAIN Jember tahun akademik 2014/2015, (2) Bagaimana persepsi mahasiswa dari Thailand tentang metode pembelajaran di IAIN Jember tahun akademik 2014/2015, (3) Bagaimana persepsi mahasiswa dari Thailand tentang evaluasi pembelajaran di IAIN Jember tahun akademik 2014/2015. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan persepsi mahasiswa dari Thailand tentang materi pelajaran di IAIN Jember tahun akademik 2014/2015, (2 ) untuk mendeskripsikan persepsi mahasiswa dari Thailand tentang metode pembelajaran di IAIN Jember tahun akademik 2014/2015, (3) untuk mendeskripsikan persepsi mahasiswa dari Thailand tentang evaluasi pembelajaran di IAIN Jember tahun akademik 2014/2015. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif, sedangkan dalam menentuan informan menggunakan purposive sampling, pengumpulan data menggunakan beberapa metode, yaitu metode observasi non partisipan, wawancara tidak terstruktur dan dokumentasi. Untuk menganalisa data menggunakan analisis deskriptif. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa persepsi mahasiswa dari Thailand tentang materi pelajaran di IAIN Jember tahun akademik 2014/2015, informan mengatakan pemilihan materi yang diajarkan sudah sesuai dengan tingkat perkembangan dan pendidikan mahasiswa dan sesuai dengan Jurusan yang mereka pilih dan ada yang mengatakan ada yang kurang sesuai yaitu, dalam segi penyampaian. Persepsi mahasiswa dari Thailand tentang metode pembelajaran di IAIN Jember tahun akademik 2014/2015, informan mengatakan bahwa metode pembelajaran di IAIN Jember sesuai. Pemilihan, penerapan dan perpaduan metode sudah sesuai, 2X3 pertemuan memakai metode ceramah, untuk pertemuan selanjutnya menggunakan berbagai metode. Persepsi mahasiswa dari Thailand tentang evaluasi pembelajaran di IAIN Jember tahun akademik 2014/2015, informan mengatakan bahwa evaluasi pembelajaran di IAIN Jember sesuai, yaitu berdasar pada standar yang telah ditetapkan namun, ada yang mengatakan ada yang kurang sesuai, yaitu dalam hal memberikan nilai kepada mahasiswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 20 Feb 2023 07:38
Last Modified: 20 Feb 2023 07:38
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18943

Actions (login required)

View Item View Item