Penanaman Nilai-Nilai Hak Asasi Manusia dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 2 Jember. Skripsi. Jember: IAIN Jember

Wanti, Ervin Sardia (2015) Penanaman Nilai-Nilai Hak Asasi Manusia dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 2 Jember. Skripsi. Jember: IAIN Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ervin Sardia Wanti_084 111 185.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa saat ini masih banyak pelanggaran HAM yang terjadi pada hampir setiap bidang kehidupan manusia tidak terkecuali dalam dunia pendidikan. Banyaknya kasus tawuran antar pelajar dan bentuk kekerasan lain menambah suram dunia pendidikan. Berdasarkan permasalahan ini perlu kiranya dicari strategi khusus yaitu dengan menerapkan pendidikan berbasis HAM dalam pembelajaran dengan cara menanamkan nilainilai HAM kedalam pendidikan agama Islam sebagaimana yang di terapkan SMAN 2 Jember dalam pembelajaran PAI. Fokus penelitian berdasarkan latar belakang yang diuraikan sebelumnya adalah (1) bagaimana penanaman nilai-nilai hak pribadi dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMAN 2 Jember? (2) bagaimana penanaman nilainilai hak sosial budaya dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMAN 2 Jember?. Tujuan penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut: 1) Untuk mendeskripsikan penanaman nilai-nilai hak pribadi dalam pembelajaran pendidikan agama islam di SMAN 2 Jember; 2) Untuk mendeskripsikan penanaman nilai-nilai hak sosial budaya dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMAN 2 Jember. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar di SMAN 2 Jember. Peneliti menggunakan teknik purposive sampling untuk menentukan subyek penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan deskriptif kualitatif karena peneliti bermaksud untuk membuat deskripsi mengenai kejadian-kejadian yang terdapat selama penelitian. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber, triangulasi tehnik, menggunakan bahan referensi, dan member check. Hasil penelitian; dari hasil penelitian yang difokuskan pada penanaman nilai-nilai hak asasi manusia dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam adalah (1) untuk menanamkan nilai-nilai hak pribadi dalam pembelajaran PAI dilakukan melalui pengintegrasian nilai-nilai HAM kedalam pembelajaran PAI. Implementasinya dilakukan dengan memasukkan nilai-nilai HAM kedalam materi pembelajaran, dimana guru PAI selalu mengajarkan kepada siswa agar menjadi siswa yang saling menghargai, toleransi, adil, dan pengakuan atas kemampuan seseorang, selain itu juga ditunjang oleh adanya beberapa kegiatan di luar jam pelajaran yang bertujuan untuk menghimpun, membina, dan menggerakkan potensi para pelajar muslim yang ada di SMAN 2 Jember yang lebih berkualitas. (2) penanaman nilai-nilai hak sosial budaya dalam pembelajaran PAI dapat dilihat melalui peserta didik dan pendidik. Di SMA Negeri 2 Jember antara pendidik dan peserta didik dibangun kebiasaan saling menghormati dan menghargai, pola hubungan yang terjalin bersifat horizontal bukan vertical dalam artian pendidik bukan satu-satunya sumber ilmu serta pendidik berperan sebagai fasilitator dalam belajar, serta membuka lebar kesempatan berekspresi bagi digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id x peserta didiknya, selain itu pendidik berperan sebagai teman bagi peserta didik dalam menghadapi permasalahan personal peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 20 Feb 2023 07:38
Last Modified: 20 Feb 2023 07:38
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18944

Actions (login required)

View Item View Item