Strategi Coping Pasangan Suami Istri Beda Usia yang Mengalami konflik Rumah Tangga Studi kasus di Desa panti Kecamatan panti kabupaten jember

Rusdiana, Eva (2020) Strategi Coping Pasangan Suami Istri Beda Usia yang Mengalami konflik Rumah Tangga Studi kasus di Desa panti Kecamatan panti kabupaten jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Eva Rusdiana_D20153015.pdf

Download (34MB)

Abstract

Pernikahan yang dilandasi oleh rasa cinta antara satu dengan yang lain tidak memandang mengenai suku, ras,agama, maupun perbedaan usia. Berkaitan dengan aspek ini banyak individu yang memilih pasangan yang berbeda usia baik lebih muda atau yang lebih tua. Perbedaan usia dalam sebuah hubungan pasti akan membawa dampak yang berbeda-beda. Sisi positif, negatif dan konflik kerap muncul akibat dari perbedaan usia diantara pasangan. Fenomena konflik dalam rumah tangga khususnya pasangan yang memiliki perbedaan usia akan menjadi sisi pelik dalam hubungan jika tidak segera ditangani dan diselesaikan, karena bisa berdampak buruk dalam kehidupan rumah tangga dan bahkan bisa berakhir pada jurang perceraian. Berangkat dari kondisi dan latar belakang di atas penulis mengambil judul: Strategi Coping Pasangan Suami Istri Beda Usia yang Mengalami Konflik Rumah Tangga Studi Kasus di desa panti Kecamatan panti Kabupaten Jember. Fokus maslah dalam penelitian ini yaitu untuk: 1) Bagaiman strategi coping pasangan suami istri beda usia dalam mengatasi konflik rumah tangga di desa panti kecamatan panti kabupaten jember. 2) Upaya apa yang di lakukan pasangan suami istri beda usia yang mengalami konflik rumah tangga agar rumah tangga tetap baik dan utuh?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendiskripsikan strategi coping yang digunakan pasangan suami istri beda usia dalam mengatsi konflik rumah tangga dan dan upaya apa yang dilakukan dalam mempertahankan keutuhan rumah tangga.Penelitian ini menggunakan pendekatan pendekatan kualitatif deskriptif dengan melakukan studi kasus yang dimaksudkan untuk memahami tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini pada awalnya adalah tiga pasangan suami istri yang mempunyai perbedaan usia. Dua pasangan dimana usia istri lebih muda dari suami yaitu 10 dan 13 tahun, dan satu pasangan diman istri lebih tua dari suami yaitu 15 tahun. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan, bahwa strategi yang dugunakan subjek dalam mengatasi konflik rumah tangga yaitu dengan menggunakan strategi Problem focused coping yang berupa; mencari dukungan sosial, merencanakan pemecahan masalah. Emotional focused copingberupa; control diri, menerima tanggung jawab. Menilai kembali secara positif, dan lari atau menghindar. Sedangkan upaya yang dilakukan pasangan suami istri beda usia agar rumah tangga tetap baik dan utuh yaitu dengan upaya menjaga komunikasi dengan keluarga terutama dengan pesangan, menahan emosi dan mencari solusi bersama dalam menyelesaikan mesalah, memberikan nafkah lahir dan batin, saling menerima kekurangan masing-masing, tidak egois, berfikir secara positif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180113 Family Law
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 20 Feb 2023 07:38
Last Modified: 20 Feb 2023 07:38
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18945

Actions (login required)

View Item View Item