Penerapan Nilai-Nilai Akhlakul Karimah dalam Film Animasi Upin dan Ipin. Di Taman Kanak-Kanak Khodijah 14 Desa Wringinputih Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi.

Muhammad, Faruq (2015) Penerapan Nilai-Nilai Akhlakul Karimah dalam Film Animasi Upin dan Ipin. Di Taman Kanak-Kanak Khodijah 14 Desa Wringinputih Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
FARUQ MUHAMMAD_084091066.pdf

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan teknologi terus memberikan kontribusi di berbagai bidang, termasuk bidang pendidikan dengan ditemukannya sebuah tayangan gambar hidup berupa film animasi yang menimbulkan kesan dan memiliki ketertarikan tersendiri di kalangan tertentu. Salah satunya film animasi Upin dan Ipin yang merupakan film jenis kartun yang menjadi film paling disukai di kalangan anak-anak. Diperlukan pengetahuan yang dapat dipertanggungjawabkan bagaimana film animasi Upin dan Ipin ini layak ditonton oleh anak-anak, dan kalau memberi kontribusi terhadap pendidikan anak. Di sisi lain, krisis akhlak dan degradasi moral bangsa belakangan ini membuat berbagai kalangan gelisah. Oleh sebab itu, dalam penelitian ini menjadi relevan bagaimana nilai-nilai akhlakul karimah dalam film animasi Upin dan Ipin di TK Khodijah 14 Muncar Kabupaten Banyuwangi. Untuk membaca persoalan tersebut, peneliti merumuskan fokus penelitian 1) Nilai-nilaiakhlakulkarimahapasaja yang terkandungdalam film animasiUpindanIpin?. 2) Bagaimanapenerapannilai-nilaiakhlakulkarimahdalam film animasiUpindanIpin ?. Tujuannya 1) Mendeskripsikan nilai-nilai akhlakul karimah apa saja dalam film animasi Upin dan Ipin. 2) mendeskripsikan penerapan nilai-nilai akhlakul karimah dalam film animasi Upin dan Ipin. Untukmenjawabpermasalahantersebut, penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdenganjenispenelitianlapangan (field research). LokasipenelitiandiTK Khodijah 14 Muncar Kabupaten Banyuwangi dengansubyekpenelitianKepala TK, Sekretaris TK, guru TK dan Wali Murid. Sedangkanteknikpengumpulandatanya, wawancarasemistruktur(semistructure interview), dandokumentasi. Analisis data menggunakananalisis data kualitatifdeskriptif. Bagianterakhirdalammengujikredibilitas data penelitimemilihkeabsahan data tekniktriangulasisumber. Adapun kesimpulan penelitian iniialahbahwasanyaPenerapan nilai-nilai akhlakul karimah dalam film animasi Upin dan Ipin di sekolahTK Khodijah 14 berupa bentuk tindakan yang dilakukan oleh siswa-siswi. Tindakan-tindakan ini baik yang berasal dari sistem sekolah maupun yang bersifat insidental, seperti ajakan-ajakan ibu guru, maupun tindakan yang dilakukan oleh para siswa-siswi sendiri baik saat di sekolah maupun di luar sekolah/ di rumah, seperti bagaimana seseorang bersyukur, mengajak kebaikan dan melarang keburukan, saling berbagi dengan sesama, jujur, toleransi antar sesama, pemaaf, menahan nafsu, khusyu’ dalam beribadah, Ikhlas tidak mengharapkan pamrih, tolong-menolong, dan nilainilai kepatuhan. Di sampingitu, di sekolah jugaada kebijakan bersih-bersih sebelum pulang meninggalkan kelas, berdo’a sebelum dan sesudah selesai belajar.Dan para siswasiswi juga diarahkan untuk tidak memukul dan saling menyayangi, tidak kikir dan dermawan, saling menolong dan penurut kepada perintah orang tua, terutama digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id x keluarga jangan meminta pamrih dan ikhlas

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 05 ENVIRONMENTAL SCIENCES > 0501 Ecological Applications > 050199 Ecological Applications not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 20 Feb 2023 07:38
Last Modified: 20 Feb 2023 07:38
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18946

Actions (login required)

View Item View Item