Pemanfaatan Bahan Ajar Huliywudd Lil Kutub Untuk Meningkatkan Kemampuan Baca Kitab Kuning Bagi Santri Madrasah Diniyah Wustha Adz Dzikra Banyuwangi.

Mas'ud, Imam (2021) Pemanfaatan Bahan Ajar Huliywudd Lil Kutub Untuk Meningkatkan Kemampuan Baca Kitab Kuning Bagi Santri Madrasah Diniyah Wustha Adz Dzikra Banyuwangi. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
IMAM MAS’UD_0849319056.pdf

Download (12MB)

Abstract

Kata Kunci: Pemanfaatan Bahan Ajar Hulliwudd lil Kutub, Meningkatkan kemampuan baca kitab kuning Bahan ajar disusun memiliki tujuan tertentu sesuai dengan tuntutan kurikulum dengan mempertimbangkan kebutuhan peserta didik, yakni bahan ajar yang sesuai dengan karakteristik dan setting atau lingkungan sosial peserta didik sehingga membantu peserta didik dalam memperoleh alternatif bahan ajar di samping buku-buku teks yang terkadang sulit diperoleh dan memudahkan guru dalam melaksanakan pembelajaran, dengan kompetensi atau subkompetensi dengan segala kompleksitasnya. Atas dasar tersebut santri harus mempunyai berbagai kompetensi dan keterampilan guna memenuhi kebutuhan hidupnya dan tuntutan zaman di masa kini maupun masa mendatang. Madrasah diniyah wustha Adz Dzikra Banyuwangi merangkai dan menentukan kurikulum sendiri dengan menggunakan bahan ajar, media ajar yang diberi nama huliywudd lil kutub dalam memberikan materi penting dikalangan murid/santri yakni tentang baca tulis kitab kuning. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dipakai dalam tesis ini adalah metode observasi, interview, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan data deskriptif kualitatif dengan model interaktif dengan langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan serta selanjutnya data divalidasi dengan teknik triangulasi sumber dan triangulasi Data. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa latar belakang pemanfaatan bahan ajar hullywuud lil kutub dalam meningkatkan kemampuan membaca kitab kuning untuk kebutuhan ideal, dukungan dan motivasi stakeholder yang kuat, memiliki tujuan pembelajaran yang jelas, terdapat manajemen, struktur yang kompak, system yang kuat, keinginan yang kuat berkualitas, serta ketersediaan bahan ajar yang sesuai nahwu-sharaf. Metode pemanfaatan bahan ajar hullywuud lil kutub dalam meningkatkan kemampuan membaca kitab kuning dengan beberapa metode pembiasaan, metode cepat tepat, metode penilaian, metode penentuan analaisis kebutuhan ajar, dengan pembelajaran klasikal, pembelajaran individual, dan pembelajaran kelompok, dengan berimplikasi terhadap struktur pemanfaatan bahan ajar, hasil belajar. Sehingga dapat meningkatkan kualitas baca kitab kuning siswa Madrasah diniyah Wustha Adz Dzikra Banyuwangiز

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130299 Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 21 Feb 2023 02:13
Last Modified: 21 Feb 2023 02:13
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18952

Actions (login required)

View Item View Item