Penerapan Program Bina Keluarga Balita dalam Meningkatkan Kualitas Pola Asuh Orangtua di BKB Kamboja 69 Desa Pocangan Kecamatan Sukowono.

Mukarromah, Lailatul Bilqis (2020) Penerapan Program Bina Keluarga Balita dalam Meningkatkan Kualitas Pola Asuh Orangtua di BKB Kamboja 69 Desa Pocangan Kecamatan Sukowono. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
LAILATUL BILQIS MUKARROMAH _D20153004.pdf

Download (17MB)

Abstract

Program Bina Keluarga Balita merupakan program upaya untuk meningkatkan pola asuh orang tua baik pengetauan dan keterampilan orangtua dalam membina tumbuh kembang anak secara utuh dan optimal, melalui pemberian simulasi fisik, kognitif, sosio emosional serta spiritual. Dengan adanya program BKB diharapkan orangtua dapat meningkatkan kualitas pola asuh terhadap balitanya. Fokus masalah yang dikaji adalah: 1. Bagaimana penerapan program Bina Keluarga Balita (BKB) dalam meningkatkan kualitas pola asuh orangtua di BKB Kamboja 69 Desa Pocangan Kecamatan Sukowono? 2. Apa faktor yang melatarbelakangi aktifnya Program Bina Keluarga Balita (BKB) Kamboja 69 Desa Pocangan Kecamatan Sukowono? Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan program Bina Keluarga Balita dalam meningkatkan kualitas pola asuh orangtua dan untuk mengetahui apa faktor yang melatarbelakangi aktifnya program BKB di BKB Kamboja 69 desa Pocangan kecamatan Sukowono. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, dalam menentukan subjek penelitian menggunakan teknik purposive, sedangkan teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan model Miles & Huberman yakni: reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi, untuk mengecek keabsahan data menggunakan trianggulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa dengan adanya penerapan program Bina Keluarga orangtua dibina oleh kader BKB dalam mengasuh balita melalui tiga program. Program BKB diantaranya adalah penyuluhan, bermain APE di Pos PAUD, dan pengisian kartu KKA di Posyandu. Pelaksanaan program BKB dilakukan satu bulan sekali di awal bulan, kecuali pada kegiatan bermain APE di Pos PAUD dilaksanakan setiap hari senin sampai hari sabtu. Dari ketiga program tersebut secara tidak langsung orangtua dibina agar menggunakan pengasuhan yang demokratis. Selain itu, kader tidak hanya memberi materi-materi tantang pengasuhan saja, namun juga memberikan praktik agar orangtua dapat secara langsung mengetahui manfaatnya. Adapun faktor yang melatarbelakangi aktifnya program BKB di kelompok BKB Kamboja 69 adalah dengan adanya dukungan penuh dari pemerintah desa, baik dukungan materil spiritual.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180113 Family Law
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 21 Feb 2023 02:13
Last Modified: 21 Feb 2023 02:13
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18954

Actions (login required)

View Item View Item