Peran Kiai dalam Upaya Membentuk Akhlak Santri di Pondok Pesantren Riyadlus Sholihin Kelurahan Ketapang Kecamatan Kademangan Kota Probolinggo.

Hotimah, Lailatul (2015) Peran Kiai dalam Upaya Membentuk Akhlak Santri di Pondok Pesantren Riyadlus Sholihin Kelurahan Ketapang Kecamatan Kademangan Kota Probolinggo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Lailatul Hotimah_084 111 180.pdf

Download (3MB)

Abstract

Akhlak perlu dibentuk karena akhlak harus bisa menerima perubahan. Pembentukan akhlak dilakukan berdasarkan asumsi bahwa akhlak adalah hasil usaha pembinaan, bukan terjadi dengan sendirinya. Lembaga dianggap sebagai tolak ukur dalam pembentukan akhlak generasi muda. Sebagai salah satu lembaga pendidikan dan keagamaan di Indonesia, Pondok Pesantren adalah benteng utama dalam bidang akhlak sesuai dengan fungsi asli Pondok Pesantren, khususnya di Pondok Pesantren Riyadlus Sholihin Kelurahan Ketapang Kecamatan Kademangan Kota Probolinggo. Dalam membentuk akhlak, tentunya ada seseorang yang memiliki peran. Di dalam Pondok Pesantren yang memiliki peran dalam membentuk akhlak adalah kiai. Peran kiai sangatlah dibutuhkan, karena kiai merupakan hamba Allah SWT., yang sangat patuh terhadap syariat Islam. Oleh karenanya, Habib Hadi Zainal Abidin al-Habsyi sebagai kiai di Pondok Pesantren Riyadlus Sholihin Kelurahan Ketapang Kecamatan Kademangan Kota Probolinggo memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk akhlak santri. Berdasarkan latar belakang di atas, maka fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) bagaimanakah peran kiai sebagai pendidik dalam upaya membentuk akhlak santri di Pondok Pesantren Riyadlus Sholihin Kelurahan Ketapang Kecamatan Kademangan Kota Probolinggo? (2) bagaimanakah peran kiai sebagai pembimbing dalam upaya membentuk akhlak santri di Pondok Pesantren Riyadlus Sholihin Kelurahan Ketapang Kecamatan Kademangan Kota Probolinggo?. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan peran kiai sebagai pendidik dalam upaya membentuk akhlak santri di Pondok Pesantren Riyadlus Sholihin Kelurahan Ketapang Kecamatan Kademangan Kota Probolinggo (2) untuk mendeskripsikan peran kiai sebagai pembimbing dalam upaya membentuk akhlak santri di Pondok Pesantren Riyadlus Sholihin Kelurahan Ketapang Kecamatan Kademangan Kota Probolinggo. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif, subjek penelitiannya menggunakan purposive sampling, sedangkan pengumpulan datanya menggunakan beberapa metode, yaitu metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk menganalisa data menggunakan analisis deskriptif interaktif dan untuk keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Analisis data yang telah disimpulkan berdasarkan tanggapan dari informan, bahwa perannya sebagai pendidik dalam upaya membentuk akhlak santri terhadap Allah SWT., merujuk pada syariat Islam, terhadap manusia berdasarkan dari karakter pribadinya dan terhadap alam dengan cara memberikan tambahan kegiatan-kegiatan (pendidikan) di Pondok Pesantren dan perannya sebagai pembimbing dalam upaya membentuk akhlak santri terhadap Allah SWT., memberikan nasihat-nasihat yang merujuk pada ulama- ulama, terhadap manusia dengan cara pengabdian dan terhadap alam dengan cara memberikan tambahan kegiatan-kegiatan (jumat bersih) di Pondok Pesantren.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180199 Law not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 21 Feb 2023 02:11
Last Modified: 21 Feb 2023 02:11
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18955

Actions (login required)

View Item View Item