Implementasi Pembelajaran Kitab Fiqhul Wadhih Juz 1 Dalam Pembinaan Ibadah Sholat Siswa Di MA Nurus Sholeh Mangaran Kabupaten Situbondo.

Daryanti, Lilik (2015) Implementasi Pembelajaran Kitab Fiqhul Wadhih Juz 1 Dalam Pembinaan Ibadah Sholat Siswa Di MA Nurus Sholeh Mangaran Kabupaten Situbondo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
LILIK DARYANTI_084 111 129.pdf

Download (951kB)

Abstract

Kedudukan ibadah sholat dalam kehidupan umat muslim menempati tempat yang sangat penting, sehingga perlu adanya perhatian dari berbagai pihak individu maupun kelompok. Hal ini menjadi perhatian khusus oleh sebuah lembaga formal yang menjadikan pembelajaran kitab Fiqhul Wadhih Juz 1 dalam pembinaan ibadah sholat siswanya. Kitab Fiqhul Wadhih Juz 1 digunakan sebagai sumber belajar. Kitab tersebut banyak digunakan diseluruh pesantren di Indonesia ini. Dilembaga formal pesantren, kitab Fiqhul Wadhih Juz 1 belum ditemukan sebagai muatan lokal ataupun dijadikan sebagai pembelajaran wajib. Akan tetapi di MA Nurus Sholeh, kitab Fiqhul Wadhih Juz 1 dijadikan sebagai muatan lokal dan pembelajaran wajib. Dari penjelasan diatas peneliti mengangkat judul yang tertuang dalam skripsi ini, yaitu implementasi pembelajaran kitab Fiqhul Wadhih Juz 1 dalam pembinaan sholat siswa di MA Nurus Sholeh Mangaran Kabupaten Situbondo. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana implementasi pembelajaran kitab Fiqhul Wadhih Juz 1 sebagai pedoman guru dalam pembinaan ibadah sholat siswa di MA Nurus Sholeh Mangaran Kabupaten Situbondo?. (2) Bagaimana implementasi pembelajaran kitab Fiqhul Wadhih Juz 1 sebagai motivasi dalam pembinaan ibadah sholat siswa di MA Nurus Sholeh Mangaran Kabupaten Situbondo?. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan implementasi pembelajaran kitab Fiqhul Wadhih Juz 1 sebagai pedoman guru dalam pembinaan sholat siswa di MA Nurus Sholeh Mangaran Kabupaten Situbondo. (2) Mendeskripsikan implementasi pembelajaran kitab Fiqhul Wadhih Juz 1 sebagai motivasi dalam pembinaan sholat siswa di MA Nurus Sholeh Mangaran Kabupaten Situbondo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan deskriptif kualitatif. Keabsahan datanya menggunakan triangulasi data yang meliputi triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah 1) Implementasi pembelajaran kitab Fiqhul Wadhih Juz 1 sebagai pedoman guru dalam pembinaan ibadah sholat siswa di MA Nurus Sholeh Mangaran Kabupaten Situbondo yang meliputi thaharah, wudhu, tayammum dan sholat dapat terlaksana dengan baik, kecuali pedoman mandi/gusl. 2) Implementasi pembelajaran kitab Fiqhul Wadhih Juz 1 sebagai motivasi dalam pembinaan ibadah sholat siswa di MA Nurus Sholeh Mangaran Kabupaten Situbondo berupa motivasi intrinsik dan ekstrinsik sudah terlaksana dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 21 Feb 2023 02:12
Last Modified: 21 Feb 2023 02:12
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18957

Actions (login required)

View Item View Item