Pergeseran Kriteria Pasangan Hidup Bagi Pengguna Media Sosial (Studi Kasus Pada Pencarian Jodoh Melalui Media Sosial Faceboook di Lingkungan Karang Mluwo, kelurahan Mangli, kecamatan Kaliwates, kebupaten Jember)

Ramadhan, Lutfiqurrohman (2019) Pergeseran Kriteria Pasangan Hidup Bagi Pengguna Media Sosial (Studi Kasus Pada Pencarian Jodoh Melalui Media Sosial Faceboook di Lingkungan Karang Mluwo, kelurahan Mangli, kecamatan Kaliwates, kebupaten Jember). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
LUTFIQURROHMAN RAMADHANI_082121005.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kehadiran media teknologi bukan hanya menjadi sebuah kemajuan dalam peradaban manusia, akan tetapi merubah dalam segala aspek kehidupan. interaksi yang biasa dilakukan secara Face to Face kini berubah menjadi hubungan yang dilakukan dengan melalui media internet khsusnya Facebooksebagai salah satu media yang sering dipakai masyarakat modern. termasuk interaksi melalui Facebookdigunakan untuk masyarakat menentukan jodohnya. perubahan sosial yang terjadi akibat terjangan globalisasi atau modernisasi ini ikut andil dalam merubah perilaku, budaya serta makna nilai-nilai dalam kehidupan bermasyarakat. oleh karenaya penelitian ini hadir untuk meneliti pergeseran makna kriteria pasangan hidup bagi masyarakat pengguna facebok di lingkungan Kelurahan Karang Mluwo Kecamatan Kaliwates, Jember Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana pergeseran makna Kriteria Pasangan Hidup Bagi Pengguna Media Sosial di lingkungan masyarakat Karang Mluwo? 2) Apa faktor-faktor motivasi dalam menentukan Kriteria Pasangan Hidup Bagi Pengguna Media Sosial di lingkungan masyarakat Karang Mluwo?. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data terkumpul dianalisis dengan reduksi data, display data dan verifikasi data, kemudian untuk mendapatkan data yang absah peneliti melanjutkan dengan menggunakan triangulasi data dan triangulasi sumber. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pergeseran makna kriteria pasangan hidup pengguna media sosial di lingkungan Karang Muwo adalah sebagai berikut : a) Bebet, masyarakat pengguna media sosial Facebookdi lingkungan Karang Mluwo lebih mementingkan kepada penampilan seorang wanita atau pasangan hidupnya. Dengan penampilan yang menarik meraka berkeyakinan akan dapat mencegah pertengkaran di dalam sebuah rumah tangga. b) Bibit, bagi masyarakat Lingkungan Karang Mluwo tidak terlalu melihat aspek nasab atau katurunan. Mereka meyakini bahwa aspek keturunan dalam hal karakter dan perilaku dapat diubah. Namun mereka menitik beratkan pada aspek akhlak, dan agamanya. c) Bobot, bagi masyrakat Lingkungan Karang Mluwo yang menggunakan media sosial Facebook menentukan jodohnya lebih mementingkan etos kerja pasangan. Artinya mereka lebih melihat bagaimana mereka memegang amanah dan tanggung jawab sesuai tupoksi masing-masing. Keyword : Pergeseran kriteria, Kriteria jodoh, Facebook

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 21 Feb 2023 02:12
Last Modified: 21 Feb 2023 02:12
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18959

Actions (login required)

View Item View Item