Motivasi Mahasiswa Dalam Memilih Program Studi Pendidikan Agama Islam Di Institut Agama Islam Negeri Jember Tahun Akademik 2014/2015

Ayyub, M. Misbahul (2015) Motivasi Mahasiswa Dalam Memilih Program Studi Pendidikan Agama Islam Di Institut Agama Islam Negeri Jember Tahun Akademik 2014/2015. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
M. Misbahul Ayyub_084 091 114.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kuliah merupakan idaman bagi para pelajar. Menjadi seorang mahasiswa merupakan kebanggaan tersendiri karena bisa melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi. Kebanyakan orang berpendapat, bahwa kuliah adalah solusi untuk memperoleh masa depan yang lebih baik, karena pendidikan merupakan salah satu solusi untuk memperbaiki kehidupan. Sebelum menjadi mahasiswa, seorang pasti memiliki semangat dan motivasi yang membara jika mendapatkan Universitas yang di inginkan. Motivasi adalah proses yang memberi semangat, arah dan kegigihan perilaku. Artinya perilaku yang termotivasi adalah perilaku yang penuh energi, terarah dan bertahan lama. Tanpa motivasi, seseorang tidak memiliki dorongan yang kuat untuk melakukan sesuatu. Fokus penelitian ini yaitu: (1) Apa Motivasi Intrinsik mahasiswa Dalam Memilih Program Studi Pendidikan Agama Islam IAIN Jember Tahun Akademik 2014/2015, (2) Apa Motivasi Ekstrinsik Mahasiswa Dalam Memilih Program Studi Pendidikan Agama Islam IAIN Jember Tahun Akademik 2014/2015? Tujuan penelitian ini untuk: (1) Untuk mendeskripsikan Motivasi Intrinsik mahasiswa Dalam Memilih Program Studi Pendidikan Agama Islam IAIN Jember Tahun Akademik 2014/2015, (2) Untuk Mendeskripsikan Motivasi Ekstrinsik Mahasiswa Dalam Memilih Program Studi Pendidikan Agama Islam IAIN Jember Tahun Akademik 2014/2015. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut penelitiaan ini menggunakan metode penelitian kualitatif sedangkan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dan analisis data kualitatif deskriptif, kemudian diuji dengan validitas data triangulasi. Hasil penelitian ini yaitu Motivasi Intrinsik Mahasiswa Dalam Memilih Program Studi Pendidikan Agama Islam IAIN Jember Tahun Akademik 2014/2015 adalah karena adanya cita-cita atau keinginan sejak kecil, karena profesi guru merupakan profesi yang baik dan mulia, dengan menjadi guru maka tidak hanya mempelajari tetang hal- hal yang berkaitan tentang duniawi saja akan tetapi juga mempelajari tentang bekal kita di akhirat kelak. Jika berbicara peluang kerja sebagai guru pendidikan bisa mengajar di sekolah yang bersifat formal maupun informal. Sedangkan Motivasi Ekstrinsik Mahasiswa Dalam memilih Program Studi Pendidikan Agama Islam IAIN Jember Tahun Akademik 2014/2015 adalah dorongan dari lingkungan sekitar seperti keluarga, kerabat, dan masyarakat yang sudah berprofesi sebagai guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 21 Feb 2023 02:12
Last Modified: 21 Feb 2023 02:12
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18962

Actions (login required)

View Item View Item