Hubungan Jenjang Pendidikan Orang Tua dengan Keberlanjutan Pendidikan Anak ke Perguruan Tinggi (PT) Desa Sidomulyo Kecamatan Silo Kebupaten Jember

Sahrullah, Moh. (2015) Hubungan Jenjang Pendidikan Orang Tua dengan Keberlanjutan Pendidikan Anak ke Perguruan Tinggi (PT) Desa Sidomulyo Kecamatan Silo Kebupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Moh. Sahrullah_084 111 082.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pendidikan tinggi memang sangat penting untuk kelangsungan hidup di masa depan yang penuh dengan persaingan dunia kerja. Namun, tidak semua orang tua mempunyai semangat atau keinginan dalam mendidik anaknya supaya menjadi manusia yang berpengetahuan luas dan berketerampilan banyak, karena tingkat pendidikan yang rendah dan kurangnya kesadaran orang tua dalam berusaha mendidik anak. Tugas mendidik anak itu ternyata tidak mudah dilakukan, lebih-lebih pada zaman sekarang ini. Dimana peran yang telah diamanatkan pada masing-masing anggota keluarga telah berubah karena tuntutan zaman. Karena tidak semua orang tua mengerti dan memahami arti pentingnya pendidikan tinggi bagi anak-anak mereka. Pendidikan tinggi menjadi salah satu kebutuhan dasar manusia untuk memperoleh ilmu pengetahuan dalam menghadapi masa depan yang lebih baik. Sesuai dengan latar belakang tersebut dapat dirumuskan suatu permasalahan yaitu adakah hubungan jenjang pendidikan orang tua dengan keberlanjutan pendidikan anak ke Perguruan Tinggi (PT) Di Desa Sidomulyo Kecamatan Silo Kabupaten Jember?. Sedangkan tujuan penelitian adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan ada atau tidaknya hubungan jenjang pendidikan orang tua dengan keberlanjutan pendidikan anak ke Perguruan Tinggi (PT) di Desa Sidomulyo Kecamatan Silo Kabupaten Jember. Pendekatan yang digunakan dalam penulisan skripsi ini yaitu menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian korelasional. Sedangkan penentuan populasi dan sampel diambil dengan menggunakan teknik Proportinate Stratified Random Sampling, dan analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah rumus Chi Kuadrat. = Kemudian dilanjutkan dengan Koefisien Kontingensi (KK). Berdasarkan Dari hasil analisis data diperoleh nilai X 2 = 58,4. Dengan derajat kebebasan (db) = 4, maka X 2 tabel untuk taraf signifikansi 5% = 9,49. Jadi X 2 hitung lebih besar dari harga X 2 tabel. Kemudian dilanjutkan dengan rumus koefisien kontingensi (KK). Dan Cmaks diperoleh nilai 0,45. Nilai tersebut jika dikonsultasikan pada tabel interpretasi harga Chi Kuadrat (halaman 33), maka berada antara 0,4 Cmaks ≤ C ≤ 0,6 Cmaks dengan interpretasi korelasi sedang atau memiliki kekuatan hubungan yang sedang. Jadi dapat disimpulkan bahwa “ada hubungan sedang antara jenjang pendidikan orang tua dengan keberlanjutan pendidikan anak ke Perguruan Tinggi (PT) di Desa Sidomulyo Kecamatan Silo Kabupaten Jember”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 21 Feb 2023 02:12
Last Modified: 21 Feb 2023 02:12
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18965

Actions (login required)

View Item View Item