Metode Psikoterapi Islam Kiyai Abdul Fatah dalam Menangani Gangguan Kejiwaan di Pondok Pesantren Nurul Huda Curahwaru Gambirono Bangsalsari Jember.

Khoiruddin, Mohammad (2020) Metode Psikoterapi Islam Kiyai Abdul Fatah dalam Menangani Gangguan Kejiwaan di Pondok Pesantren Nurul Huda Curahwaru Gambirono Bangsalsari Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mohammad Khoiruddin_D20153044.pdf

Download (7MB)

Abstract

Pondok Pesantren menjadi salah satu lembaga pendidikan yang sudah tua. Pondok Pesantren Nurul Huda di Dsn Curahwaru Gambirono Bangsalsari Jember adalah salah satu tempat dalam menangani gangguan kejiwaan, yang didirikan oleh KH. Mustajab Kholil, seorang Kiyai ahli dalam ilmu karomah yang membantu seorang individu yang mengalami masalah kesehatan mental dengan menggunakan pendekatan islam. KH. Mustajab Kholil ketika mengobati pasien yang mengalami gangguan jiwa yaitu dengan menggunakan pendekatanpendekatan Islam. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah Bagaimana metode psikoterapi Islam Kiyai Abdul Fatah dalam menangani gangguan kejiwaan? Dan Faktor yang menjadi penghambat metode psikoterpi Islam Kiyai Abdul Fatah dalam menangani gangguan kejiwaan di Pondok Pesantren Nurul Huda Curah Waru Gambirono Bangsalsari Jember. Tujuan dari penyusunan skripsi ini dalah utuk meneliti metode psikoterapi Islam Kiyai Abdul Fatah dan faktor yang menjadi penghambat metode psikoterpi Islam dalam menangani gangguan kejiwaan di Ponok Pesantren Nurul Huda Curah Waru Gambirono Bangsal Sari Jember. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Tujuannya adalah agar dapat menguraikan hasil analisis denngan detail. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber untuk menguji kredibilitas data dengan cara mengecek data yang telah diperoleh melalui beberapa sumber. Dan juga trianggulasi metode yakni dilakukan dengan cara mengecek data kepada sumber yang sama dengan teknik yang berbeda. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa metode psikoterapi Islam Kiyai Abdul Fatah dalam menangani gangguan kejiwaan yaitu menggunakan Hizib, Shalawat, Do’a, Dzikir dan Al-Qur’an. Adapun faktor yang menjadi penghambat dalam melaksanakan terapi Islam yaitu karena tidak adanya tenaga kerja yang membantu Kiyai Abdul Fatah dalam menangani gangguan kejiwaan di pondok pesantren Nurul Huda Curah Waru Gambirono Bangsal Sari Jember. Kata Kunci: Metode Psikoterapi Islam, Kiyai Abdul Fatah, Gangguan Kejiwaan, pondok pesantren.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 21 Feb 2023 02:12
Last Modified: 21 Feb 2023 02:12
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18966

Actions (login required)

View Item View Item