Strategi Guru dalam Pembelajaran Praktik Ibadah Shalat di SLB-A TPA Jember

Latif, Muchammad (2021) Strategi Guru dalam Pembelajaran Praktik Ibadah Shalat di SLB-A TPA Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Muchammad Latif_T20161079.pdf

Download (6MB)

Abstract

Strategi pembelajaran yang tepat sangat dibutuhkan oleh anak-anak berkebutuhan khusus (ABK). Anak-anak berkebutuhan khusus memiliki kharakteristik dan kemampuan yang berbeda-beda. Strategi pembelajaran praktik shalat di SLB-A TPA Jember sedikit berbeda dengan strategi pembelajaran shalat pada anak awas. Strategi yang dilakukan di SLB-A ini mengandalkan indra peraba dan pendengaran. Berdasarkan masalah tersebut, maka rumusan masalah dari penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Bagaimana strategi guru secara individual dalam pembelajaran praktik ibadah shalat di SLB-A TPA Jember? (2) Bagaimana strategi guru secara kelompok dalam pembelajaran praktik ibadah shalat di SLB-A TPA Jember? (3) Bagaimana hambatan dan solusi dalam pembelajaran praktik ibadah shalat di SLB-A TPA Jember? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah (1) pembelajaran praktik shalat dilaksanakan dengan cara guru menyiapkan RPP dan materi, menggunakan metode yang sesuai dengan kondisi siswa dan melaksanakan praktik shalat secara individual yakni membimbing dan mengarahkan satu persatu siswa secara langsung. (2). pembelajaran praktik shalat dilaksanakan secara berkelompok dengan cara berdiskusi untuk saling menghafal dan menyimak bacaan dan gerakan shalat, mempraktikkan gerakan shalat secara berjamaah. (3) Hambatan-hambatan yang terjadi dalam pembelajaran praktik shalat di SLB-A TPA Jember diantaranya siswa memiliki gangguan atau keterbatasan dalam penglihatan, siswa memiliki keterampilan dan kemampuan yang berbeda, belum tersedianya media pembelajaran praktik shalat khusus untuk anak tunanetra. Upaya yang dilakukan sekolah adalah dengan cara memberikan orientasi dan mobilitas, guru berupaya mengerti dan memahami karakteristik siswa-siswanya dan membimbingnya. Kata Kunci: Strategi, Pembelajaran Praktik Shalat, SLB-A TPA

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 21 Feb 2023 02:12
Last Modified: 21 Feb 2023 02:12
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18967

Actions (login required)

View Item View Item