Implementasi Strategi Pembelajaran Jigsaw Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Madrasah Tsanawiyah Satu Atap Silo Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2014/2015.

Ningrum, Ratna Indra (2015) Implementasi Strategi Pembelajaran Jigsaw Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Madrasah Tsanawiyah Satu Atap Silo Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2014/2015. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ratna Indra Ningrum_084101012.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dalam rangka mencapai keberhasilan kegiatan belajar mengajar (KBM), juga sering kali dijumpai beberapa permasalahan atau kesulitan yang dapat menghambat tercapainya tujuan belajar, kesulitan tersebut antara lain disebabkan oleh adanya faktor cara penyampaian materi pelajaran yang masih menoton. Hal itu dapat menimbulkan rasa jenuh pada siswa, sehingga siswa lebih sulit menerima mata pelajaran yang disampaikan oleh guru. Oleh karena itu perlu diupayakan suatu metode mengajar yang bisa menimbulkan partisipasi siswa dengan harapan partisipasi siswa akan dapat membantu siswa untuk lebih mendalami mata pelajaran fiqih khususnya di kelas IX-B Madrasah Tsanawiyah Satu Atap Silo Jember tahun pelajaran 2014/2015. Berdasarkan latar belakang diatas, maka yang menjadi fokus masalah penelitian skripsi ini adalah: Bagaimana implementasi strategi pembelajaran jigsaw pada mata pelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah Satu Atap Silo Kabupaten Jember tahun pelajaran 2014/2015?, sub fokus penelitiannya adalah: a. Bagaimana implementasi strategi pembelajaran jigsaw pada mata pelajaran Fiqih ibadah di Madrasah Tsanawiyah Satu Atap Silo Kabupaten Jember tahun pelajaran 2014/2015?, b. Bagaimana implementasi strategi pembelajaran jigsaw pada mata pelajaran Fiqih muamalah di Madrasah Tsanawiyah Satu Atap Silo Kabupaten Jember tahun pelajaran 2014/2015?. Secara umum tujuan dari penelitian ini adalah: Untuk mendeskripsikan implementasi strategi pembelajaran jigsaw pada mata pelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah Satu Atap Silo Kabupaten Jember tahun pelajaran 2014/2015. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui pendekatan deskriptif kualitatif, sedangkan penentuan subyeknya menggunakan purposive sampling dan metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, interview dan dokumentasi, analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif serta keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Berdasarkan dari hasil penelitian yang dilakukan tersebut diperoleh beberapa kesimpulan yaitu: kesimpulan umum dan khusus. Secara umum dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran jigsaw dalam mata pelajaran fiqih, sudah berjalan dengan baik dan lancar. Kesimpulan khusus penelitian ini adalah Pertama, Implementasi strategi pembelajaran jigsaw pada mata pelajaran fiqih ibadah, sudah berjalan dengan baik, semua siswa yang sebelumnya kurang aktif namun mereka sekarang sudah berani tampil. Kedua, Implementasi strategi pembelajaran jigsaw pada mata pelajaran fiqih muamalah, sifat kerja sama dan saling membantu dalam strategi ini yang akan memudahkan peserta didik, sehingga penerapan dan pemahaman peserta didik akan memproduk mereka menjadi peserta didik yang kritis dan kreatif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 21 Feb 2023 02:13
Last Modified: 21 Feb 2023 02:13
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18973

Actions (login required)

View Item View Item