Pembelajaran Aqidah Akhlak Dalam Meningkatkan Mental Spiritual Siswi Di Madrasah Tsanawiyah Annuriyyah Kaliwining Jember Tahun Pelajaran 2014/2015

Maharani, Ratna (2015) Pembelajaran Aqidah Akhlak Dalam Meningkatkan Mental Spiritual Siswi Di Madrasah Tsanawiyah Annuriyyah Kaliwining Jember Tahun Pelajaran 2014/2015. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ratna Yunita Maharani_084 101 045.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pembelajaran adalah suatu hal yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia sebab pendidikan merupakan sarana pembentuk kepribadian. Pembelajaran merupakan salah satu pengajaran yang diselenggarakan di sekolah sebagai lembaga pendidikan formal. Dalam Undang-Undang tentang Sistem Pendidikan Nasional mendefinisikan pendidikan sebagai usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlaq mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan Negara. Adapun Fokus Penelitian yang akan di sajikan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:1) Bagaimana pembelajaran aqidah akhlak dalam meningkatkan mental spiritual siswi di MTs Annuriyah Kaliwining Jember Tahun Pelajaran 2014/2015. Sub Fokus Penelitian: 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran akidah akhlak dalam meningkatkan mental spiritual siswi di MTs Annuriyah Kaliwining Jember Tahun Pelajaran 2014/2015? 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran akidah akhlak dalam meningkatkan mental spiritual siswi di MTs Annuriyah Kaliwining Jember Tahun Pelajaran 2014/2015? 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran akidah akhlak dalam meningkatkan mental spiritual siswi di MTs Annuriyah Kaliwining Jember Tahun Pelajaran 2014/2015? Dalam penelitian ini, peneliti mengklasifikasikan tujuan penelitian menjadi tujuan umum dan tujuan khusus: 1)Untuk mengetahui pembelajaran aqidah akhlak dalam meningkatkan mental spiritual siswi di MTs Annuriyah Kaliwining Jember Tahun Pelajaran 2014/2015.2)Untuk mengetahui perencanaan pembelajaran aqidah akhlak dalam meningkatkan mental spiritual siswi di Mts Annuriyah Kaliwining Jember Tahun Pelajaran 2014/2015. 3)mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran aqidah akhlak dalam meningkatkan mental spiritual siswi di MTs Annuriyah Kaliwining Jember Tahun Pelajaran 2014/2015. 4)Untuk mengetahui bagaimana evaluasi pembelajaran aqidah akhlak dalam meningkatkan mental spiritual siswi di MTs Annuriyah Kaliwining Jember Tahun Pelajaran 2014/2015 Dengan demikian untuk mendapatkan data yang diperlukan dalam penelitian ini maka peneliti menggunakan metode pengumpulan data sebagai berikut: yaituMetode wawancara, metode observasi, dan metode dokumentasi. Pelaksanaan pembelajaran aqidah akhlak baik dari pembelajaran, proses pelaksaan, tujuan, serta peran guru aqidah akhlak di madrasah Tsanawiyyah Annuriyyah Kaliwining jember sudah berkembang namun kurang maksimal, hal tersebut dikarenakan kurangnya pengembangan pelaksanaan pemelajaran aqidah akhlak yang kurang baik dan optimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 21 Feb 2023 02:13
Last Modified: 21 Feb 2023 02:13
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18974

Actions (login required)

View Item View Item