Implementasi Pendidikan Antikorupsi (Studi Analisis Terhadap Penanaman Nilai-nilai Antikorupsi) Di Jurusan Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember Tahun 2014-2015.

Efendi, Ridwan (2015) Implementasi Pendidikan Antikorupsi (Studi Analisis Terhadap Penanaman Nilai-nilai Antikorupsi) Di Jurusan Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember Tahun 2014-2015. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ridwan Efendi_084 111 186.pdf

Download (993kB)

Abstract

Pendidikan Antikorupsi adalah usaha sadar untuk memberi pemahaman dan pencegahan terjadinya perbuatan korupsi yang dilakukan oleh pendidikan formal, salah satunya di Perguruan Tinggi yang merupakan tempat yang sangat vital untuk mebentuk mentalitas para calon penerus bangsa. Perguruan Tinggi ini bersifat preventif dan antisipatif terhadap pemasalah korupsi yang semakin marak di kalangan pejabat pemerintah bahkan sampai ke pelosok masyarakat.Adanya matakuliah pendidikan antikorupsi di Jurusan Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Jember, menunjukkan bahwa ini adalah sebuah win-win solution dan sebuah terobosansebagai bentuk kepedulian kepada calon penerus bangsa (mahasiswa) agar terhindar dari perilaku korupsi. Dari deskripsi singkat di atas, maka peneliti dapat merumuskan fokus dalam penelitian ini, yaitu: 1) Bagaimana metode penanaman nilai-nilai antikorupsi di Jurusan Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember Tahun 2014-2015? 2) Apa kendala penanaman nilai-nilai antikorupsi di Jurusan Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember Tahun 2014- 2015? Sedangkan tujuan dari penelitian ini, yaitu: 1) Untuk mendeskripsikan bagaimana metode penanaman nilai-nilai antikorupsi di Jurusan Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember Tahun 2014-2015, 2) Untuk mendeskripsikan apa kendala penanaman nilai-nilai antikorupsi di Jurusan Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember Tahun 2014-2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research), metode pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumenter.Sedangkan metode analisis data menggunakan kualitatif deskriptif, dan uji keabsahan data atau validitas datanya menggunakan triangulasi sumber. Adapun hasil penelitian ini adalah: 1)ditemukannya dua metode dalam penanaman nilai-nilai antikorupsi, pertama di dalam kelas dengan memberikan sebuah materi kepada mahasiswa dengan menggunakan metode pembelajaran ceramah, tanya jawab, diskusi, review, dan menganalisi permasalahan di lapangan, kedua,penanaman nilai-nilai antikorupsi di luar kelas dengan memberikan tugas untuk melakukan sebuah observasi di lapangan dengan mencari permasalahan-permasalahan yang berkaitan dengan korupsi setelah itu menganalisisnya dari berbagai sudut pandang. 2) Beberapa kendala yang cukup memberikan efek tidak maksimal dalam terselenggaranya pendidikan khususnya terhadap penanaman nilai-nilai antikorupsi. Misalnya: kendala pada kurikulum, dosen yang mengajar pendidikan antikorupsi, mahasiswa, serta sarana dan prasarana yang kurang mendukung terhadap proses pendidikan di dalam kelas maupun di luar kelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 21 Feb 2023 02:13
Last Modified: 21 Feb 2023 02:13
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18975

Actions (login required)

View Item View Item