Upaya Kepala Sekolah dalam Menanamkan Pendidikan Karakter Remaja di Madrasah Aliyah Salafiyyah Curah Kates Kecamatan Ajung Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2014/2015.

I'anah, Rofi'atul (2015) Upaya Kepala Sekolah dalam Menanamkan Pendidikan Karakter Remaja di Madrasah Aliyah Salafiyyah Curah Kates Kecamatan Ajung Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2014/2015. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Rofi’atul I’anah_084 113 079.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan merupakan bagian integral dalam kehidupan manusia. Manusia dapat membina kepribadiannya dengan jalan mengembangkan potensi-potensi pribadinya sesuai dengan nilai-nilai agama dan kebudayaan di dalam masyarakat untuk mencapai karakter bangsa yang berkualitas. Dalam mengembangkan potensi tersebut, pada sebuah lembaga, kepala sekolah merupakan pemimpin tertinggi yang sangat berpengaruh, dan menentukan kemajuan lembaga dalam mengimplemen-tasikan nilai-nilai pendidikan karakter. Fokus penelitian pada skripsi ini: 1) Apa yang melatar belakangi kepala sekolah menanamkan pendidikan karakter di Madrasah Aliyah Salafiyyah Curah Kates Kecamatan Ajung Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2014/2015? 2), Nilai-nilai pendidikan karakter apa saja yang ditanamkan kepala sekolah di Madrasah Aliyah Salafiyyah Curah Kates Kecamatan Ajung Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2014/2015? 3). Strategi apa saja yang diterapkan kepala sekolah dalam menanamkan pendidikan karakter di Madrasah Aliyah Salafiyyah Curah Kates Kecamatan Ajung Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2014/2015? Adapun tujuan penelitian ini: 1). Untuk mendeskripsikan latar belakang kepala sekolah menanamkan pendidikan karakter di Madrasah Aliyah Salafiyyah Curah Kates Kecamatan Ajung Kabupaten Jember tahun pelajaran 2014/2015 2). Untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kepala sekolah di Madrasah Aliyah Salafiyyah Curah Kates Kecamatan Ajung Kabupaten Jember tahun pelajaran 2014/20153). Untuk mendeskripsikan strategi yang diterapkan kepala sekolah dalam menanamkan pendidikan karakter di Madrasah Aliyah Salafiyyah Curah Kates Kecamatan Ajung Kabupaten Jember tahun pelajaran 2014/2015. Sedangkan pendekatan penelitian ini menggunakan kualitatif dengan fenomologis, dan jenis penelitiannya adalah field research. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, kemudian analis data dari penulisan ini adalah analisis data kualitatif. Untuk menguji validitas data, dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dengan kriteria derajat kepercayaan (kredibilitas). Hasil penelitian dari skripsi ini sampai dengan kesimpulan: 1) Dengan melihat dunia yang penuh akan kemerosotan moral, serta globalisasi yang dapat menimbulkan dampak negatif kepada peserta didik, sehingga penanaman pendidikan karakter perlu diterapkan.2) Nilai-nilai pendidikan karakter yang ditanamkan mencakup nilai religius maupun nilai moral. Dimana nilai religiusnya meliputi disiplin, jujur, qona’ah, tanggung jawab dan istiqomah. Sedangkan nilai moralnya meliputi tawadlu’, sopan santun, dan berakhlak baik kepada siapapun. 3) Dengan cara melatih peserta didik untuk mengenal dan mengapilkasikan nilainilai beribadah dalam kehidupan sehari-hari, yang diwujudkan dengan program sholat berjamah, mengkaji kitab-kitab kuning klasik dan kegiatan keagamaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 21 Feb 2023 02:13
Last Modified: 21 Feb 2023 02:13
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18977

Actions (login required)

View Item View Item