Program Bimbingan Karier Siswa Di MAN Jember 1 Tahun Pelajaran 2013/2014

Permatasari, Rofikoh Dian (2015) Program Bimbingan Karier Siswa Di MAN Jember 1 Tahun Pelajaran 2013/2014. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Rofikoh Dian Permatasari_084 101 303.pdf

Download (1MB)

Abstract

MAN Jember 1 merupakan suatu lembaga yang memiliki kualitas dan mutu yang sudah tidak diragukan lagi. Dalam hal ini, MAN Jember 1 telah menciptakan banyak lulusan yang dapat dibanggakan. Dengan kualitas lulusan yang baik tidak heran banyak siswa-siswi yang diterima di perguruan tinggi yang bergengsi dengan masa depan yang lebih menjanjikan. Keberhasilan sekolah dalam hal ini bukan hanya dikarenakan mutu pembelajaran yang berkualitas tetapi juga didukung oleh adanya layanan bimbingan. Layanan bimbingan disekolah diantaranya bimbingan belajar, sosial, individu, dan karier. Bimbingan karier di MAN Jember disusun menjadi suatu program yang disusun dengan sistematis. Program bimbingan karier membantu siswa-siswi dalam rangka memberikan pengetahun dan kemampuan dalam mempersiapkan karier yang akan ditekuni kelak. Keberadaan program bimbingan karier ini sangat urgen mengingat setiap peserta didik menginginkan keberhasilan dalam suatu karier di masa depannya nanti. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: Pertama, bagaimana perencanaan program bimbingan karier siswa di MAN Jember 1?. Kedua bagaimana pelaksanaan program bimbingan karier siswa di MAN Jember 1?. Ketiga, bagaimana evaluasi program bimbingan karier siswa di MAN Jember 1?. Tujuan dari penelitian ini adalah: Pertama, untuk mendeskripsikan perencanaan program bimbingan karier siswa di MAN Jember 1. Kedua, untuk mendeskripsikan pelaksanaan program bimbingan karier siswa di MAN Jember 1. Ketiga, untuk mendeskripsikan evaluasi program bimbingan karier siswa di MAN Jember 1. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Sedangkan dalam menentukan subyek penelitian, peneliti menggunakan teknik purposive sampling. Metode dalam pengumpulan data adalah observasi, interview, dokumenter. Adapun analisis data dalam penelitian ini menggunakan data reduction, data display, verification. Keabsahan data peneliti menggunakan teknik trianggulasi sumber. Hasil penelitian ini. Pertama, bahwa perencanaan program bimbingan karier siswa dilakukan dengan melalui beberapa tahapan yaitu (a) identifikasi kebutuhan siswa, (b) rapat koordinasi, (c) menyusun tujuan, (d) mengupayakan kerjasama dan (e) meminta persetujuan. Kedua, pelaksanaan program bimbingan karier siswa dilakukan dengan teknik bimbingan kelompok dan konseling individu. Ketiga, evaluasi program bimbingan karier siswa dilakukan dengan teknik penilaian oleh konselor dan aspek yang dievaluasi berkenaan dengan evaluasi hasil dan evaluasi proses.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1699 Other Studies in Human Society > 169999 Studies in Human Society not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 21 Feb 2023 02:13
Last Modified: 21 Feb 2023 02:13
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18979

Actions (login required)

View Item View Item