Implementasi Model Quantum Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Jawa Ragam Krama Inggil Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Kertonegoro Jenggawah Jember Tahun Pelajaran 2020/2021.

Amaliyah, Sayyidah Umamah (2021) Implementasi Model Quantum Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Jawa Ragam Krama Inggil Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Kertonegoro Jenggawah Jember Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Sayyidah Umamah Amaliyah_T20164045.pdf

Download (8MB)

Abstract

Kata Kunci : implementasi model Quantum Learning, keterampilan berbicara, bahasa jawa ragam krama inggil Bahasa jawa terancam punah karena ditinggalkan penuturnya sebagai akibat dari globalisasi dan perkembangan teknologi. Hal tersebut berpengaruh terhadap merosotnya etika dan kesantunan didalam berinterkasi terutama kepada orang yang lebih tua. Sebagai alat komunikasi yang memiliki tingkatan kebahasaan, bahasa jawa krama perlu untuk kembali dilestarikan sehingga seluruh masyarakat bangga dan menggunakannya didalam bertutur. Maka keterampilan berbahasa jawa krama patutlah ditanamkan sedari dini, terutama pada tingkat sekolahg dasar. Oleh sebab itu, pengembangan media dan strategi pembelajaran harus pula lebih berfariasi, sehingga antusias peserta didik meningkat sebagaimana diharapkan. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan model Quantum Learning dengan media ular tangga dalam meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Jawa ragam krama inggil di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Kertonegoro Jenggawah Jember? 2) Bagaimana pelaksanaan model Quantum Learning dengan media ular tangga dalam meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Jawa ragam krama inggil di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Kertonegoro Jenggawah Jember? 3) Bagaimana evaluasi model Quantum Learning dengan media ular tangga dalam meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Jawa ragam krama inggil di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Kertonegoro Jenggawah Jember. Tujuan penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan perencanaan model Quantum Learning dengan media ular tangga dalam meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Jawa ragam krama inggil di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Kertonegoro Jenggawah Jember. 2) mendeskripsikan pelaksanaan model Quantum Learning dengan media ular tangga dalam meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Jawa ragam krama inggil di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Kertonegoro Jenggawah Jember. 3) mendeskripsikan evaluasi model Quantum Learning dengan media ular tangga dalam meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Jawa ragam krama inggil di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Kertonegoro Jenggawah Jember. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian ini di MI Miftahul Huda Kertonegoro Jenggawah Jember. Subyek penelitian dipilih dengan cara Purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga teknik, observasi, wawancara dan studi dokumenter. x Adapun analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif model interaktif milik Miles, Huberman, dan Saldana yaitu Condensation (Kondensasi Data), Display (Penyajian Data), dan Condensation Drawing/Verification (Penarikan Kesimpulan/Verifikasi). Sedangkan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Peneliti ini memperoleh kesimpulan 1) Perencanaan model Quantum Learning dengan media permainan ular tangga dengan cara (a) menyiapkan program semester dan silabus yang disusun di awal semester; (b) menyusun RPP yang didalamnya menggunakan model pembelajaran Quantum Learning; (c) menyiapkan alat peraga dan media yang diperlukan seperti media permainan ular tangga, dadu, pion, menyiapkan lembar kerja dan teks dialog drama Joko Kendhil; (d) menyusun rupik penilaian kognitif; 2) penerapan model Quantum Learning dengan meliputi kegiatan awal yaitu: (a) menyampaikan tujuan pembelajaran; (b) memotivasi peserta didik, kegiatan inti yaitu (a) menyajikan atau menyampaikan informasi kepada peserta didik; (b) mengorganisasikan peserta didik dalam kelompok-kelompok belajar; (c) membimbing kelompok-kelompok bekerja dan belajar; kegiatan penutup yaitu: (a) evaluasi; (b) memberikan pengarahan. 3) evaluasi model Quantum Learning yaitu: (a) peserta didik terlihat percaya diri ketika bermain peran; (b) Nilai peserta didik mengalami peningkatan pada keterampilan berbicara bahasa Jawa ragam karma; (c) pembelajaran di kelas menjadi menyenangkan; (d) peserta didik terlihat bersemangat saat kegiatan pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 21 Feb 2023 02:13
Last Modified: 21 Feb 2023 02:13
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18980

Actions (login required)

View Item View Item