Strategi Kementerian Agama Jember Dalam Menanggulangi Aliran Radikalisme di Kabupaten Jember

Utami, Shintia (2020) Strategi Kementerian Agama Jember Dalam Menanggulangi Aliran Radikalisme di Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Shintia Utami_D20164032.pdf

Download (4MB)

Abstract

Setiap lembaga memiliki berbagai strategi yang berbeda dalam menjalankan visi dan misinya, karena setiap lembaga memiliki tujuan yang berbeda dengan lembaga lainnya. Dalam pembuatan strategi, juga perlu mengikuti perkembangan zaman. Strategi di lembaga dapat dilakukan dengan cara membuat perencanaan yang matang oleh seluruh anggota. Sehingga dapat mempermudah lembaga tersebut dalam mencapai tujuan yang diinginkan. Namun, dalam mewujudkan semua rencana itu tidak semudah yang dibayangkan. Berbagai tantangan dan juga hambatan tentu muncul seiring berkembangnya zaman. Seperti halnya masalah yang sampai saat ini terus merajalela, seperti masuknya aliran radikalisme. Kabupaten Jember telah masuk ke dalam zona merah radikalisme, sehingga Kementerian Agama Kabupaten Jember sebagai lembaga keagamaan harus melakukan penanggulangan terhadap aliran radikalisme. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah : 1. Bagaimana strategi Kementerian Agama Jember dalam menanggulangi aliran radikalisme di Kabupaten Jember ? 2. Apa saja faktor-faktor penghambat dan pendukung Kementerian Agama Jember dalam menanggulangi aliran radikalisme di Kabupaten Jember ? Tujuan penelitian ini adalah : 1. Mendeskripsikan strategi Kementerian Agama Jember dalam menanggulangi aliran radikalisme di Kabupaten Jember. 2. Mendeskripsikan faktor-faktor penghambat dan pendukung Kementerian Agama Jember dalam menanggulangi aliran radikalisme di Kabupaten Jember. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data dalam skripsi ini melalui tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi/kesimpulan. Sedangkan untuk keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi waktu. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa : 1. Strategi organisasi non profit yang digunakan Kementerian Agama Jember dalam menanggulangi aliran radikalisme yakni strategi pasif, strategi dakwah yang digunakan Kementerian Agama Jember dalam menanggulangi aliran radikalisme yakni strategi tilawah, metode dakwah yang digunakan Kementerian Agama Jember dalam menanggulangi aliran radikalisme adalah metode dakwah mau’idhah hasanah, bentuk aliran radikalisme yang ada di Kabupaten Jember yaitu radikalisme secara pemikiran, faktor-faktor penyebab munculnya aliran radikalisme di Kabupaten Jember yaitu faktor ideologi, strategi penanggulangan radikalisme dan terorisme seperti halnya yang dilakukan oleh BNPT, Kementerian Agama Jember menggunakan strategi kontra radikalisasi. 2. Faktor penghambat Kementerian Agama Jember dalam menanggulangi aliran radikalisme adalah faktor waktu dan faktor pendukung Kementerian Agama Jember dalam menanggulangi aliran radikalisme adalah faktor yang berasal dari lingkungan ekstern organisasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 21 Feb 2023 07:43
Last Modified: 21 Feb 2023 07:43
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18982

Actions (login required)

View Item View Item