Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbasis Etnosains Dalam Musik Patrol Jember Authentic Pada Sub Materi Bunyi Kelas VIII Smp/Mts.

Kusumawati, Winda Dwi (2021) Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbasis Etnosains Dalam Musik Patrol Jember Authentic Pada Sub Materi Bunyi Kelas VIII Smp/Mts. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Winda Dwi Kusumawati _T201710005.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kata Kunci : Bahan Ajar Digital, Bunyi , Etnosains, Musik Patrol Budaya merupakan kekayaan bangsa Indonesia sedangkan pendidikan adalah perantara pembentuk karakter penerus bangsa. Pembelajaran di sekolah merupakan bentuk interaksi yang membantu siswa dalam memahami materi pembelajaran, terlebih pembelajaran konseptual dan faktual. Salah satunya dalam pembelajaran Ilmu Pegetahuan Alam (IPA), yang terbagi menjadi tiga yaitu Kimia, Biologi dan Fisika. Materi Bunyi Merupakan salah satu materi pada pembelajaran dibidang Fisika dan merupakan materi konseptual dengan bahasan gelombang bunyi yang dihasilkan oleh benda bergetar (sumber bunyi). Berdasarkan analisis kebutuhan yang dikumpulkan dari guru dan siswa di MTs Negeri 2 Jember. Bahan ajar yang mampu menjabarkan materi konseptual dan faktual, serta menambah wawasan dan informasi kapan saja dan dimana saja yaitu buku digital ataupun buku elektronik. Tujuan penelitian dari penelitian ini yaitu, (1) mendeskripsikan tingkat validasi bahan ajar digital berbasis etnosains dalam musik patrol Jember Authentic pada sub materi bunyi; (2) mendeskripsikan respon siswa terhadap bahan ajar digital berbasis etnosains dalam musik patrol Jember Authentic pada sub materi bunyi pada siswa kelas VIII SMP/MTs. Jenis pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model prosedural atau bertahap yang mengadaptasi model 4-D yang dikembangkan Thiagarajan. Dalam penelitian ini, tahapan model 4-D dimoifikasi menjadi 4 tahap pengembangan yaitu: define, design, develop dan disseminate. Subjek penilaian variabel pada penelitian yaitu, ahli materi dan ahli media yang terdiri dari dosen dan guru IPA. Uji respons siswa dalam penelitian ini terbagi menjadi 2, yaitu 6 siswa dalam uji skala kecil dan 30 siswa dalam uji sekala besar. Berdasarkan hasil dari penelitian dan pengembangan dapat disimpulkan bahwa hasil rata-rata presentase uji validasi ahli materi sebesar 91,03%, ahli media sebesar 89,41% , dan ahli pengguna (guru) diperoleh hasil sebesar 88,23% dengan memenuhi kategori sangat valid. Hasil respons uji coba skala kecil diperoleh rata-rata presentase sebesar 80,76% dengan kategori valid, dilanjutkan uji coba skala besar diperoleh rata-rata presentase 87,28% dengan kategori sangat valid sehingga bahan ajar digital berbasis Etnosains ini dapat digunakan dalam penunjang pembelajaran tanpa revisi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021499 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 21 Feb 2023 07:41
Last Modified: 21 Feb 2023 07:41
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18991

Actions (login required)

View Item View Item