Penerapan Metode Mind Map dalam Meningkatkan Akivitas dan Hasil Belajar Pembelajaran PAI Siswa Kelas IV SDN Sumbersari 02 Kaliurang Jember

Lestari, DuikPuji (2015) Penerapan Metode Mind Map dalam Meningkatkan Akivitas dan Hasil Belajar Pembelajaran PAI Siswa Kelas IV SDN Sumbersari 02 Kaliurang Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
DuikPuji Lestari_084 111 372.pdf

Download (5MB)

Abstract

Sekolah adalah lembaga pendidikan formal yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk mempelajari apa yang perludi ketahui agar dapat berpikir cerdas dan bertindak cepat. Sebagai lembaga pendidikan formal, sekolah bertanggung jawab untuk mendidik dan menyiapkan siswa agar berhasil menyesuaikan diri di masyarakat dan memecahkan berbagai masalah yang dihadapinya. Berawal dari kurang tepatnya penyampaian materi yang dapat menyebabkan para siswa menjadi rendah hasil nilainya. Kurangnya kemampuan guru agama terhadap pemilihan metode mengajar yang kurang tepat. Padahal kita ketahui bersama bawasannya sebagai seorang guru, para guru harus mempunyai kompetensi-kompetensi tertentu yang harus dikuasai. Observasi yang sudah dilaksanakan di SDN Sumbersari 02 Kaliurang Jember, ditemukan bahwa kegiatan belajar mengajar hanya bepusat pada guru, metode yang digunakan guru sebatas ceramah dan pemberian tugas. Keaktifan peserta didik masih rendah karena pembelajarn berlangsung satu arah, yaitu dari guru ke pesera didik. Aktivitas peserta didik dalam proses pembelajaran masih sangat rendah, pesera didik hanya mendengarkan dan mencatata sebagian ada yang ramai sendiri. Aktivitas siswa yang rendah menyebabkan suasana ketika proses pembelajaran kurang menyenangkan, apabila pembelajaran kurang menyenangkan akhirnya peserta didik menjadi malas belajar yang mana mengakibatkan hasil belajar yang diperoleh menjadi rendah. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini secara umum adalah, penerapan metode mind map dalam meningkatkan akivitas dan hasil belajar pokok bahasan nabi dan rasul siswa kelas IV SDN Sumbersari 02 Kaliurang Jember? Sedangkan secara khusus dibagi menjadi dua sub masalah, yaitu: 1) Bagaimanakah peningkatkan aktivitas belajar siswa dalam mata pelajaran pendidikan agama islam (PAI) materi Aku Cinta Nabi dan Rasul pada siswa kelas IV SDN Sumbersari 02 Kaliurang-Jember tahun ajaran 2014/2015 ? 2) Bagaimanakah peningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaranpendidikan agama islam(PAI) materiAkuCintaNabidanRasul pada siswa kelas IV SDN Sumbersari 02 Kaliurang-Jember tahun ajaran 2014/2015 ?. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah: Pertama untuk mengetahui penerapan metode mind map terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pelajaran PAIdi SDN Sumbersari 02 Kaliurang Jember, Kedua untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penerapan metode mind map terhadap aktivitas belajar siswa kelas IV di SDN Sumbersari 02 Kaliurang Jember,Ketiga untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penerapan metode mind map terhadap hasil belajar siswa kelas IV di SDN Sumbersari 02 Kaliurang Jember, Sehingga nantinya dapat menjadi bahan evaluasi untuk menerapkan metode mind map secaraefektif dan efisien digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id ix Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan PTK dan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Sedangkan dalam menentuan subyek penelitian menggunakan purposive sampling. Metode dalam pengumpulan data dalam penelitian ini, yaitu: metode dokumentasi, metode observasi, metode wawancara dan metode tes. Di dalam pelaksanaan siklus terdap empat komponen, sebagai berikut: perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (action), pengamatan (observation) dan refleksi (reflection). Hasil penelitian ini memperoleh kesimpulan secara umum, yaitu terdapat pengaruh yang cukup besar setelah dilaksanakannya pembelajaran dengan menggunakan metode mind mapterhadap pembelajaran PAI pokok bahasan nabi dan rasul siswa kelas IV SDN Sumbersari 02 Kaliurang Jember.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 21 Feb 2023 07:42
Last Modified: 21 Feb 2023 07:42
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18999

Actions (login required)

View Item View Item