STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA INKLUSI TAMAN PENDIDIKAN DAN ASUHAN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2015/ 2016

ROUDLOTUL JANNAH, 084 121 223 (2016) STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA INKLUSI TAMAN PENDIDIKAN DAN ASUHAN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2015/ 2016. ["eprint_fieldopt_thesis_type_Undergraduate" not defined] thesis, IAIN JEMBER.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (437kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (374kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (521kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (737kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (465kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (751kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (512kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (377kB) | Preview

Abstract

ROUDLOTUL JANNAH, 2016: Strategi Pembelajaran Agama Islam pada Anak
Berkebutuhan Khusus di Sekolah Menengah Pertama Inklusi TPA Jember
Tahun Pelajaran 2015/2016.

Pendikan merupakan hal utama dan pertama yang harus diperoleh manusia
yang lahir di dunia. Dalam hal ini pendidikan bukan hanya kebutuhan tetapi
merupakan kewajiban yang harus dipenuhi dan yang berhak mendapatkan
pendidikan adalah seluruh anak yang lahir yang baik dilahirkan dengan sempurna
fisik dan mentalnya maupun sebaliknya atau sering disebut anak berkebutuhan
khusus (ABK). Dalam hal ini islam telah memberikan hak dan kewajiban untuk
mendapatkan pendidikan pada seluruh umat manusia baik laiki-laki maupun
perempuan.
Dalam meningkatkan mutu pendidikan harus dilakukan perubahan
terhadap kualitas SDM dalam mengimplementasi strategi pembelajaran yang akan
digunakannya. Untuk itu, mengenai urgensi strategi pembelajaran, maka peneliti
menghadirkan penelitian tentang strategi pembelajaran pendidikan agama Islam
pada anak berkebutuhan khusus (ABK) di Sekolah Menengah Pertama Inklusi
TPA Jember Tahun Pelajaran 20115/2016. Permasalahan yang diangkat terfokus
pada 2 pembahasan yaitu: (1) Bagaimana metode pembelajaran team teaching
pada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di Sekolah Menengah Pertama Inklusi
TPA Jember Tahun Pelajaran 2015/2016, (2) Bagaimana metode pembelajaran
tutorial pada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di Sekolah Menengah Pertama
Inklusi TPA Jember Tahun Pelajaran 2015/2016?.
Sedangkan tujuan penelitian ini adalah: (1) Ingin mendeskripsikan strategi
pembelajaran team teaching pada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di Sekolah
Menengah Pertama Inklusi TPA Jember Tahun Pelajaran 2015/2016, (2) Ingin
mendeskripsikan strategi pembelajaran tutorial pada Anak Berkebutuhan Khusus
(ABK) di Sekolah Menengah Pertama Inklusi TPA Jember Tahun Pelajaran
2015/2016.
Di dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan
kualitatif, yaitu jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian ini di SMP Inklusi
TPA Jember. Penentuan informan menggunakan: teknik purposive sampling.
Teknik pengumpulan data menggunakan: observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan kualitatif deskriptif: data
reduction, data display, dan verification. Sedangkan keabsahan data
menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik/metode.
Hasil penelitian ini yaitu: (1) Tahapan implementasi strategi team teaching
pada anak berkebutuhan khusus cukup optimal dalam meningkatkan prestasi
siswa serta dapat menanamkan nilai-nilai solidaritas antara anak berkebutuhan
khusus dan anak normal pada umumnya, (a) metode team teaching pada pelajaran
Al-qur’an hadist menggunakan teknik ceramah dan hafalan, (b) metode team
teaching pada pelajaran akidah akhlak menggunakan teknik ceramah dan tanya
viii
jawab, (c) metode team teaching pada pelajaran fiqh menggunakan tehnik
ceramah, drill (latihan) dan demonstrasi, (d) metode team teaching pada pelajaran
sejarah kebudayaan Islam menggunakan teknik ceramah dan drill/latihan. (2)
Tahapan implementasi strategi tutorial pada anak berkebutuhan khusus cukup
efektif karena disesuaikan dengan tingkat kemampuan serta cara belajar anak
berkebutuhan khusus tersebut yaitu (a) metode tutorial pada siswa tunanetra/low
vision menggunakan tehnik ceramah serta pengulagan materi, (b) metode tutorial
pada siswa tunadaksa menggunakan tehnik ceramah, tanya jawab dan
drill/latihan, (c) metode tutorial pada siswa tunagrahita menggunakan tehnik
ceramah, tanya jawab, drill/latihan serta teknik merumpamaan/penyederhanaan
materi, (d) metode tutorial pada siswa autis menggunakan tehnik ceramah dan
hafalan

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_Undergraduate" not defined])
Uncontrolled Keywords: STRATEGI PEMBELAJARAN, DISABILITAS
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Masrur Rizqon
Date Deposited: 01 Nov 2017 01:49
Last Modified: 01 Nov 2017 01:49
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/190

Actions (login required)

View Item View Item