STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA INKLUSI TAMAN PENDIDIKAN DAN ASUHAN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2015/ 2016

ROUDLOTUL JANNAH, 084 121 223 (2016) STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA INKLUSI TAMAN PENDIDIKAN DAN ASUHAN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2015/ 2016. ["eprint_fieldopt_thesis_type_Undergraduate" not defined] thesis, IAIN JEMBER.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (437kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (374kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (521kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (737kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (465kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (751kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (512kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (377kB) | Preview

Abstract

ROUDLOTUL JANNAH, 2016: Strategi Pembelajaran Agama Islam pada Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Menengah Pertama Inklusi TPA Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. Pendikan merupakan hal utama dan pertama yang harus diperoleh manusia yang lahir di dunia. Dalam hal ini pendidikan bukan hanya kebutuhan tetapi merupakan kewajiban yang harus dipenuhi dan yang berhak mendapatkan pendidikan adalah seluruh anak yang lahir yang baik dilahirkan dengan sempurna fisik dan mentalnya maupun sebaliknya atau sering disebut anak berkebutuhan khusus (ABK). Dalam hal ini islam telah memberikan hak dan kewajiban untuk mendapatkan pendidikan pada seluruh umat manusia baik laiki-laki maupun perempuan. Dalam meningkatkan mutu pendidikan harus dilakukan perubahan terhadap kualitas SDM dalam mengimplementasi strategi pembelajaran yang akan digunakannya. Untuk itu, mengenai urgensi strategi pembelajaran, maka peneliti menghadirkan penelitian tentang strategi pembelajaran pendidikan agama Islam pada anak berkebutuhan khusus (ABK) di Sekolah Menengah Pertama Inklusi TPA Jember Tahun Pelajaran 20115/2016. Permasalahan yang diangkat terfokus pada 2 pembahasan yaitu: (1) Bagaimana metode pembelajaran team teaching pada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di Sekolah Menengah Pertama Inklusi TPA Jember Tahun Pelajaran 2015/2016, (2) Bagaimana metode pembelajaran tutorial pada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di Sekolah Menengah Pertama Inklusi TPA Jember Tahun Pelajaran 2015/2016?. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah: (1) Ingin mendeskripsikan strategi pembelajaran team teaching pada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di Sekolah Menengah Pertama Inklusi TPA Jember Tahun Pelajaran 2015/2016, (2) Ingin mendeskripsikan strategi pembelajaran tutorial pada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di Sekolah Menengah Pertama Inklusi TPA Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. Di dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian ini di SMP Inklusi TPA Jember. Penentuan informan menggunakan: teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan kualitatif deskriptif: data reduction, data display, dan verification. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik/metode. Hasil penelitian ini yaitu: (1) Tahapan implementasi strategi team teaching pada anak berkebutuhan khusus cukup optimal dalam meningkatkan prestasi siswa serta dapat menanamkan nilai-nilai solidaritas antara anak berkebutuhan khusus dan anak normal pada umumnya, (a) metode team teaching pada pelajaran Al-qur’an hadist menggunakan teknik ceramah dan hafalan, (b) metode team teaching pada pelajaran akidah akhlak menggunakan teknik ceramah dan tanya viii jawab, (c) metode team teaching pada pelajaran fiqh menggunakan tehnik ceramah, drill (latihan) dan demonstrasi, (d) metode team teaching pada pelajaran sejarah kebudayaan Islam menggunakan teknik ceramah dan drill/latihan. (2) Tahapan implementasi strategi tutorial pada anak berkebutuhan khusus cukup efektif karena disesuaikan dengan tingkat kemampuan serta cara belajar anak berkebutuhan khusus tersebut yaitu (a) metode tutorial pada siswa tunanetra/low vision menggunakan tehnik ceramah serta pengulagan materi, (b) metode tutorial pada siswa tunadaksa menggunakan tehnik ceramah, tanya jawab dan drill/latihan, (c) metode tutorial pada siswa tunagrahita menggunakan tehnik ceramah, tanya jawab, drill/latihan serta teknik merumpamaan/penyederhanaan materi, (d) metode tutorial pada siswa autis menggunakan tehnik ceramah dan hafalan

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_Undergraduate" not defined])
Uncontrolled Keywords: STRATEGI PEMBELAJARAN, DISABILITAS
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Masrur Rizqon
Date Deposited: 01 Nov 2017 01:49
Last Modified: 01 Nov 2017 01:49
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/190

Actions (login required)

View Item View Item