Peran Guru Agama Dalam Pembentukan Karakter Siswa di SMA Negeri Arjasa Jember Tahun Pelajaran 2014/2015.

Agustin, Elok Lusiana (2015) Peran Guru Agama Dalam Pembentukan Karakter Siswa di SMA Negeri Arjasa Jember Tahun Pelajaran 2014/2015. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Elok Lusiana Agustin _084 101 011.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari setiap penyelenggara lembaga pendidikan tidak lain yakni agar siswa yang dibinanya bisa menjadi siswa yang pandai dan cerdas. Makna pandai terus berubah sesuai dengan perkembangan peradaban hidup. Dahulu, dapat membaca dan berhitung telah cukup menjadi fondasi kepandaian. Sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, pandai berarti menguasai ilmu pengetahuan yang lebih luas. Namun, saat ini puncak dari keberhasilan pendidikan bukan hanya dalam penguasaan ilmu saja, melainkan dalam karya nyata siswa yang mereka tunjukkan dalam perilaku sebagai hasil dari belajar. Pada kenyataannya mayoritas siswa atau remaja saat ini berperilaku tidak sesuai dengan apa yang diajarakan disekolah. Seperti yang sering terjadi saat ini, semua perilaku negatif masyarakat Indonesia baik yang terjadi dikalngan pelajar, mahasiswa, maupun kalangan lainnya, jelas menunjukkan bahwa karakter masyarakat kita sangatlah rapuh dan rentan. Maka dari itu pendidikan karakter disemua lembaga pendidikan sangat ditekankan. Fokus dalam penelitian ini adalah bagaimana peran guru agama sebagai pendidik dan teladan dalam pembentukan karakter siswa di SMA Negeri Arjasa Jember Tahun Pelajaran 2014/2015 ? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran guru agama sebagai pendidik dan teladan dalam pembentukan karakter siswa di SMA Negeri Arjasa Jember Tahun Pelajaran 2014/2015. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan analisis dekriptif yang menganalisis peran guru agama dalam pembentukan karakter siswa di SMA Negeri Arjasa Jember. Dalam penggalian data digunakan beberapa metode yaitu metode observasi, metode interview, dan metode dokumentasi. Serta menggali data pada informan yang betul-betul mengetahui dan memahami terhadap masalah yang sedang diteliti. Kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan reduksi data, penyajian data yang kemudian ditarik kesimpulan. Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa peran guru agama sebagai pendidik dan teladan dalam pembentukan karakter siswa di di SMA Negeri Arjasa Jember sangat dibutuhkan dan selama ini susdah terlaksana secara efektif. Hal tersebut dapat dilihat dari keseharian siswa disekolah yang mencerminkan nilainilai karakter yang telah diajarkan serta dibiasakan selama disekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 12 BUILT ENVIRONMENT AND DESIGN > 1202 Building > 120299 Building not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 21 Feb 2023 07:45
Last Modified: 21 Feb 2023 07:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19000

Actions (login required)

View Item View Item