Urgensi Pendidikan Multikultural dalam Menumbuhkan Toleransi Antar Umat Beragama bagi Siswa di Sekolah Dasar Negeri Jember Lor 01 Tahun Pelajaran 2014/2015.

Rahmawati, Happy Yulia (2015) Urgensi Pendidikan Multikultural dalam Menumbuhkan Toleransi Antar Umat Beragama bagi Siswa di Sekolah Dasar Negeri Jember Lor 01 Tahun Pelajaran 2014/2015. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
HAPPY YULIA RAHMAWATI_084 111 105.pdf

Download (2MB)

Abstract

Bangsa Indonesia merupakan negara yang melebihi negara-negara lain, negara yang tidak saja multi-suku, multi-etnik, multi-agama, akan tetapi juga multi-budaya. Realitas kehidupan kita selama ini, masih sering kali dibenturkan dengan persoalan yang bernuansa suku, agama, ras dan budaya (SARA), konflik personal maupun antar golongan yang bermuara pada hilangnya nilai-nilai kemanusiaan, heterogenitas, pluralitas dan sikap toleransi. Kejadian semacam ini menunjukkan bahwa bagaimana pendidikan multikultural menjadi sangat dibutuhkan bagi masyakat di tengah-tengah kekalutan bangsa sebagai solusi alternatif untuk meredam dan meminimalisir terjadinya konflik serta mampu menumbuhkan kesadaran akan nilai-nilai kemanusian, menghargai perbedaan dan toleran antar sesama. Dari deskripsi di atas, maka peneliti dapat merumuskan fokus penelitian adalah; 1) Bagaimana strategi pendidikan multikultural dalam menumbuhkan toleransi antar umat beragama bagi siswa di Sekolah Dasar Negeri Jember Lor 01 Tahun Pelajaran 2014/2015?, 2). Bagaimana hasil pendidikan multikultural dalam menumbuhkan toleransi antar umat beragama bagi siswa di Sekolah Dasar Negeri Jember Lor 01 Tahun Pelajaran 2014/2015? Adapun Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan strategi pendidikan multikultural dalam menumbuhkan toleransi antar umat beragama bagi siswa di Sekolah Dasar Negeri Jember Lor 01 Tahun Pelajaran 2014/2015. 2) Untuk mendeskripsikan hasil pendidikan multikultural dalam menumbuhkan toleransi antar umat beragama bagi siswa di Sekolah Dasar Negeri Jember Lor 01 Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, jenis penelitiannya studi kasus (case study), sedangkan penggalian atau sumber data berasal dari dokumentasi, wawancara dan observasi. Teknik analisis data dengan cara mereduksi data, display data dan mengambil kesimpulan. Kemudian pengecekan keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber. Adapun beberapa kesimpulan sebagai hasil penelitian ini adalah: pertama, berdasarkan hasil penelitian dan kajian mendalam, bahwa stretegi pendidikan multikultural yang diterapkan di Sekolah Dasar Negeri Jember lor 01 lebih ditekankan pada sikap ukhuwah islamiyah yang dikonstruksi dari ayat al-qur’an Q.S. Al Hujarat; ayat 13, dan juga mengintegrasikan pendidikan multikultural kepada pendidikan agama dengan mensingkronkan antara materi agama dengan pendidikan multikultural. Kedua, dari hasil pelaksanaan pendidikan multikultural di Sekolah Dasar Negeri Jember Lor 1 sangat efektif sebagai sarana alternatif pemecahan konflik, pendidikan multikultural juga dianggap signifikan dalam membina peserta didik agar tidak tercerabut dari akar budaya yang dimiliki sebelumnya, dan perubahan sikap/ perilaku siswa Sekolah Dasar Negeri Jember Lor 1 cukup signifikan dan tingkat toleransinya antar teman yang berbeda suku, ras maupun berbeda agama cukup tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 21 Feb 2023 07:44
Last Modified: 21 Feb 2023 07:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19003

Actions (login required)

View Item View Item