faktor – faktor yang mempengaruhi keberhasilan pembelajaran PAI di SDN Sumberejo 06 Watuulo Ambulu Kabupaten Jember.

Hakiki, Iin Nur (2015) faktor – faktor yang mempengaruhi keberhasilan pembelajaran PAI di SDN Sumberejo 06 Watuulo Ambulu Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
IIN NUR HAKIKI_084111068.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan Agama Islam sebagai salah satu mata pelajaran yang mengandung muatan ajaran-ajaran Islam dan tatanan nilai hidup dan kehidupan Islami . Perlu diupayakan melalui perencanaan pembelajaran Pendidikan Agama yang baik agar dapat mempengaruhi pilihan, putusan, dan pengembangan kehidupan peserta didik. Oleh karena itu salah satu kemampuan seorang guru Pendidikan Agama Islam atau pembelajar Pendidikan Agama Islam adalah kemampuan merencanakan dan mengembangkan proses pembelajarannya secara profesional. Dengan kata lain kemampuan merencanakan dan mengembangkan proses pembelajaran secara profesional, mutlak dibutuhkan dalam menjelaskan tugas dan tanggung jawab nya sebagai seorang pendidik atau pembelajar, sekaligus perancang pembelajaran pendidikan agama Islam. Untuk mencapai sebuah tujuan PAI memang tidak mudah sebab masih banyak permasalahan dalam PAI, terutama yang berkenaan dengan proses pembelajaran, tidak lepas dari tiga sebab yang mendasar. Pertama, selama ini, banyak pendidikan agama yang lebih banyak berorientasi pada aspek kognitif saja. Kedua, sistem pendidikan agama yang berkembang di sekolah kurang sistematis dan kurang terpadu untuk anak didik. Ketiga, eveluasi yang dilakukan untuk pendidikan agama disamakan dengan pelajaran-pelajaran yang lain, yaitu hanya aspek kognitif saja. Berdasarkan latar belakang diatas, maka fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi pembelajaran PAI di SDN Sumberejo 06 Watu-ulo, Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember? 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran PAI di SDN Sumberejo 06 Watu-ulo, Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember ? 3) Apa saja faktor penghambat pelaksanaan pembelajaran PAI di SDN Sumberejo 06 Watu-ulo, Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember? 4) Bagaimanaupaya guru dalam mengatasi faktor penghambat pelaksanaan pembelajaran PAI di SDN Sumberejo 06 Watu-ulo, Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember ? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan fokus penelitian yang sudah ditentukan. Metode yang digunakan dalam penetian ini adalah kualitatif dan jenis penelitian deskriptif, sedangkan subyek penelitiannya menggunakan purposive sampling, tekhnik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif. Sedangkan keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Dari analisis tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa pembelajaran PAI di SDN Sumberejo 06 belum berhasil karena masih ada beberapa faktor yang mempengaruhi baik dari guru, peserta didik, pelaksanaan pembelajaran, sumber belajar, sarana prasarana dan lingkungan. Upaya yang dilakukan oleh guru menggandakan materi pelajaran, memanfaatkan sarana prasarana di lingkungan masyarakat,memberikan hukuman jika diperlukan serta melakukan mengajukan rehabilitas gedung. Sedangkan upaya khusus yang dilakukan oleh kepala sekolah adalah mengadakan rapat untuk membahas permasalahan yang dihadapi saat proses pembelajaran PAI serta mencri solusinya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 21 Feb 2023 07:44
Last Modified: 21 Feb 2023 07:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19004

Actions (login required)

View Item View Item